PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KELILING DAN LUAS PERSEGI PANJANG MENGGUNAKAN BENANG DAN KERTAS BERPEREKAT DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA

CUT INEZ NOOR TANTY AYU, . (2015) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KELILING DAN LUAS PERSEGI PANJANG MENGGUNAKAN BENANG DAN KERTAS BERPEREKAT DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (9kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (159kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (7kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (601kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (242kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (171kB)
[img] Text
40. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (72kB)
[img] Text
41. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)

Abstract

Materi geometri, yakni keliling dan luas persegi panjang penting untuk dipelajari karena aplikasi dari materi tersebut dapat dirasakan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Keliling dan luas persegi panjang merupakan salah satu pokok bahasan dalam pembelajaran geometri di SMP kelas VII. Siswa masih kurang memahami konsep geometri di SD sehingga berpengaruh saat siswa mempelajari konsep geometri di SMP. Siswa juga kesulitan dalam menentukan esensi soal dan kesulitan dalam menyelesaikan masalah. Hal ini menunjukkan kurangnya perkembangan materi di kelas. Penelitian ini menggunakan metode design research yang terdiri dari tiga fase yaitu, fase persiapan dan desain, fase pelaksanaan dan fase analisis retrospektif. Instrumen yang digunakan adalah video-tape, lembar kerja siswa, lembar hasil wawancara, lembar catatan lapangan dan hipotesis lintasan belajar. Validitas dan reliabilitas yang digunakan adalah validitas internal dan validitas ekologi, serta reliabilitas internal dan reliabilitas eksternal. Aktivitas menghias saputangan, mengubin kamar hotel, mengubin teras, memasang karpet pada ruangan dan memagar taman merupakan rangkaian aktivitas dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis retrospektif, konteks yang digunakan pada tiap pertemuan dapat mengembangkan pembelajaran keliling dan luas persegi panjang. Aktivitas menghias saputangan dan memagar taman menggunakan benang berhasil membantu siswa memahami konsep dan aplikasi keliling persegi dan persegi panjang, mengubin kamar hotel menggunakan kertas tempel berhasil membantu siswa memahami konsep luas persegi dan persegi panjang, mengubin teras menggunakan kertas tempel dan memasang karpet menggunakan kertas stiker juga berhasil membantu siswa memahami aplikasi luas persegi dan persegi panjang pada objek bangun datar. Diskusi kelompok dan diskusi kelas memberikan kontribusi dalam mengembangkan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Pinta Deniyanti S., M.Si. ; 2). Drs. Tri Murdiyanto, M.Si.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Matematika
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:00
Last Modified: 26 Apr 2022 03:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27492

Actions (login required)

View Item View Item