UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN CISCO IT ESSENTIALS VIRTUAL DESKTOP (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas X TKJ C Kelompok A SMK Perguruan “Cikini” Jakarta Utara)

Fiqar Iransyah, . (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN CISCO IT ESSENTIALS VIRTUAL DESKTOP (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas X TKJ C Kelompok A SMK Perguruan “Cikini” Jakarta Utara). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan dari pengamatan peneliti terhadap permasalahan yang ada pada kelas X TKJ di SMK Perguruan “Cikini” Jakarta Utara tahun ajaran 2014/2015 menunjukkan bahwa: (1) adanya keterbatasan media komputer sebagai bahan praktik perakitan komputer; (2) rendahnya keaktifan dan antusias siswa dalam pembelajaran perakitan komputer; (3) sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam belajar perakitan komputer; (4) nilai siswa pada kompetensi dasar memahami prosedur bongkar pasang komputer dan menyajikan hasil bongkar pasang komputer cenderung rendah. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar dan kualitas pembelajaran dengan mncapai hasil pembelajaran yang optimal guna memperbaiki permasalahan belajar di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus, dimana tiap siklusnya mewakili indikator yang ada. Strategi yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan media simulasi Cisco IT Essentials Virtual Desktop sebagai aplikasi simulasi perakitan komputer. Sasaran penelitian adalah siswa kelas X TKJ C kelompok A SMK Perguruan “Cikini” Jakarta Utara yang dilaksanakan pada bulan Februari hingga Maret 2015. Kelengkapan yang dipersiapkan peneliti untuk penelitian meliputi Silabus, RPP, job sheet, instrumen pengamatan dan alat evaluasi pembelajaran seperti lembar pre test dan post test. Hasil evaluasi belajar siswa kelas X TKJ C kelompok A memperoleh nilai rata-rata kelas pada siklus I mencapai nilai 87 dengan tingkat ketuntasan belajar siswa mencapai 70%, siklus II mencapai nilai 92 dengan tingkat ketuntasan belajar siswa mencapai 90% dan siklus III mencapai nilai 96 dengan tingkat ketuntasan belajar siswa mencapai 100%. Hasil kesimpulan pada pelaksanaan dan pengamatan penelitian tindakan kelas di kelas X TKJ C kelompok A menjelaskan bahwa strategi pembelajaran menggunakan media simulasi Cisco IT Essentials Virtual Desktop dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran perakitan komputer *The research was held based on his researcher observation toward the case of grade X TKJ in the Vocational School the year 2014/2015. Showed that: (1) there was restrictiveness computer media as the computer assembly practical matery; (2) the students’ passive and unenthusiastic in learning computer assembly; (3) most of the students’ have difficulties in learning computer assembly; (4) score of students on based competence to comprehend computer maintenance procedure and serve them tend unsatisfied. Therefore the purpose of the research is to improve students’ achievement in learning optimally in order to improve learning problems. The researcher conducted the class action research on three cycles with their indicators of action. The strategy was used in this research to improve students’ learning achievement by simulation media of Cisco IT Essentials Virtual Desktop. The object of this research is to improve the students’ abilities of garde X TKJ C of group A Vocational School Perguruan “Cikini” North Jakarta, it was held on February to March 2015. The researcher prepares learning and teaching aids such as: syllabus, lesson plan, work sheets, observation and evaluation instrument as pre and post test. The evaluation result: the average score in: the first cycle, the students got 87 score by learning completeness level 70%, the second cycle they got 92 score by learning completeness level 90%. And the third cycle they got 96 score by learning completeness level 100%. The conclusion of the research and observation of the class action research. The researcher found that during the action the students shown their improvement by using learning strategy Simulation media of Cisco IT Essentials Virtual Desktop was able to improve students’ learning achievement in computer assembly lesson.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Yuliatri Sastrawijaya, M.Pd ; 2). Efri Sandi, MT
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:10
Last Modified: 26 Apr 2022 03:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27496

Actions (login required)

View Item View Item