PENGARUH TIPE TEMPERAMEN TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 99 JAKARTA PADA MATERI SISTEM RESPIRASI

DEASY PURNAMA SARI, . (2015) PENGARUH TIPE TEMPERAMEN TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 99 JAKARTA PADA MATERI SISTEM RESPIRASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. SKRIPSI.PDF

Download (1MB)
[img] Text
5. RIWAYAT PENELITI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] Text
4. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (134kB)

Abstract

Proses belajar mengajar intinya bertujuan agar siswa memperoleh pengetahuan sebagai hasil belajar yang mencakup afektif, kognitif, dan psikomotorik,. Biologi merupakan ilmu yang menuntun siswa untuk mengembangkan keterampilan proses ilmiah dan hal tersebut ditunjukkan oleh kemampuan psikomotorik siswa, yang diasumsikan dipengaruhi oleh tipe temperamen. Ada 4 tipe temperamen dasar yang dimiliki manusia, yaitu Koleris, Sanguinis, Melankolis, dan Plegmatis. Terkait dengan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tipe temperamen terhadap kemampuan psikomotorik siswa pada materi Sistem Respirasi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 99 Jakarta dari bulan Januari sampai Februari tahun 2015. Metode yang digunakan adalah ex post facto. Sampel penelitian sebanyak 176 siswa kelas XI MIA menggunakan rumus Slovin dengan teknik simple random sampling. Hasil uji prasyarat dengan Kolmogorov-Smirnov (α=0,05) dan Bartlett (α=0,05) menunjukkan data normal dan homogen. Hasil uji Anova satu arah (α=0,05) menunjukkan nilai p 0,006 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan rata-rata nilai kemampuan psikomotorik siswa dengan tipe temperamen. Hasil uji Tuckey menunjukkan nilai rata-rata kemampuan psikomotorik tertinggi dimiliki siswa bertipe temperamen Melankolis (87,91) dan yang terendah dimiliki siswa bertipe temperamen Plegmatis (79,25). Teaching and learning process essentially purpose to the students in order to acquire their knowledge as the result of learning out comes that include affective, cognitive, and psychomotor. Biology is a science that guides students to develop the process of scientific skill and it can be proved by the psychomotor abilities of student that is assume influence by the types of temperament. There are four basic types of the human temperament, namely Choleric, Sanguine, Melancholy, and Plegmatis. The purpose of this research was to determine the influence of temperamental types on psychomotor abilities of students in the Respiratory System material. This research was conducted at SMAN 99 Jakarta in January to February 2015.The method used was the ex post facto. The amount of research sample were 176 students of class XI MIA using the “Slovin” formula with simple random technique sampling. The prerequisite test results with the Kolmogorov-Smirnov (α=0.05) and Bartlett (α=0.05) showed normal data and homogeneous. Results of one-way ANOVA test (α=0.05) showed a p- value 0.006<0.05 so it could be concluded there was a difference in the average value of psychomotor abilities of students with the temperamental types. The Tuckey test results showed the average value of the highest psychomotor abilities of the students Melancholy temperamental type (87.91) and the lowest of the students temperamental Plegmatis type (79.25).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Refirman Dj., M.Biomed. ; 2). Dra. Yulilina R.D., M.Biomed.
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:27
Last Modified: 26 Apr 2022 03:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27501

Actions (login required)

View Item View Item