UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ALAT UKUR ELEKTRIK DENGAN METODE PRAKTIK MELALUI MEDIA VIDEO PRAKTIK (Penelitian Tindakan di SMK Malaka Jakarta)

FITRI APRILLA, . (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ALAT UKUR ELEKTRIK DENGAN METODE PRAKTIK MELALUI MEDIA VIDEO PRAKTIK (Penelitian Tindakan di SMK Malaka Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Fitri Aprilla 5315102706.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif I dengan kegiatan belajar menggunakan media video praktik oleh siswa tentang alat ukur elektrik kelas X TKR I di SMK Malaka Jakarta. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses kegiatannya meliputi setiap siklus dan masing-masing siklus memiliki empat tahap, seperti perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Kegiatan pembelajaran pembuatan video praktik dengan menggunakan metode praktik. Tempat penelitian di SMK Malaka dan subyek penelitian siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Pelaksanaan pengambilan data dilakukan sejak 20 April 2015 sampai dengan 11 Mei 2015. Kegiatan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembaran observasi, tes dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil analisis terlihat peningkatan hasil belajar siswa menggunakan pembuatan video praktik oleh siswa, hal ini dapat dilihat dari jumlah siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal ˃ 75, pada siklus I terdapat 9 siswa atau 32,14%, pada siklus II terdapat 15 siswa atau 53,57%, dan pada siklus III terdapat 22 siswa atau 78,57%. Terlihat adanya peningkatan mulai dari siklus I ke siklus II ada peningkatan sebesar 21,43 % . Peningkatan siklus II dan siklus III semakin baik yaitu sebesar 25%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Gaguk Margono, M.Ed ; 2). Drs. Syamsuir, M.T
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:30
Last Modified: 26 Apr 2022 03:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27502

Actions (login required)

View Item View Item