EFEKTIFITAS LATIHAN DENGAN PULL HARNESS DAN PUSH HARNESS TERHADAP HASIL LARI 60 METER MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA JURUSAN OLAHRAGA PRESTASI ANGKATAN 2014

MUHAMMAD RIZWAN, . (2015) EFEKTIFITAS LATIHAN DENGAN PULL HARNESS DAN PUSH HARNESS TERHADAP HASIL LARI 60 METER MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA JURUSAN OLAHRAGA PRESTASI ANGKATAN 2014. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Muhammad Rizwan.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas latihan dengan pull harness dan push harness terhadap hasil lari 60 meter mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta Jurusan Olahraga Prestasi Angkatan 2014. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dengan menggunakan teknik “Pre-Test dan Post-Test Two Group Design /pretest�posttest randomized group design” yaitu untuk mengetahui efektifitas latihan dengan pull harness dan push harness terhadap hasil lari 60 meter mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta Jurusan Olahraga Prestasi Angkatan 2014. Sebagai instrumen penelitian digunakan tes lari 60 meter. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta Jurusan Olahraga Prestasi angkatan 2014 yang terdiri dari 30 orang, 24 (dua puluh empat) putra dan 6 (enam) putri. Pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive Sampling. Data diperoleh dari hasil tes lari 60 meter tes awal dan tes akhir setelah diberikan perlakuan dalam bentuk latihan terhadap dua kelompok latihan yang berbeda yaitu kelompok latihan dengan menggunakan pull harness dan push harness. Dari data yang ada dari hasil tes akhir kelompok Metode Latihan Pull Harness dan Metode Latihan Push Harness diperoleh nilai thitung sebesar 3,642 selanjutnya diuji dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan (N1+N2)-2=28 diperoleh ttabel sebesar 2,16 yang berarti nilai thitung < ttabel dengan demikian uji t menyimpulkan bahwa hasil Metode Latihan Kecepatan dengan Pull Harness dan latihan Push Harness terdapat perbedaan (signifikan), maka H0 diterima dan H1 ditolak. Berdasarkan hasil data tes akhir yang didapat dan setelah dihitung dalam statistik uji t, hasil yang diperoleh tidak terdapat perbedaan secara signifikan atau ii hasil antara latihan Kecepatan dengan Pull Harness lebih efektif dibandingkan latihan kecepatan dengan Push Harness.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Bambang Kridasuwarso, M.Pd. ; 2). Hadi Rahmaddani, S.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2022 06:08
Last Modified: 25 Apr 2022 06:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27538

Actions (login required)

View Item View Item