NOVIANI NURHAYATI, . (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN METODE PERMAINAN MATHPOLY DALAM BENTUK PENUGASAN KARTU SOAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS X MIA 2 SMA NEGERI 77 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (110kB) |
|
Text
4. ABSTRACT.pdf Download (86kB) |
|
Text
7. Revisi_BAB_I.pdf Download (250kB) |
|
Text
8. Revisi_BAB_II.pdf Download (335kB) |
|
Text
9. Revisi_BAB_III.pdf Download (394kB) |
|
Text
10. Revisi_BAB_IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
11. Revisi_BAB_V.pdf Download (120kB) |
|
Text
1. COVER_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
Text
6. DAFTAR_ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
|
Text
12. DAFTAR_PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
Text
5. KATA_PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
|
Text
70. Surat Keaslian Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
|
Text
71. MY_BIODATA.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
|
Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
|
Text
72. JURNAL Novi.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 77 Jakarta dengan menerapkan model PBL melalui metode permainan mathpoly dalam bentuk penugasan kartu soal. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan dapat diketahui bahwa motivasi belajar matematika siswa di kelas masih rendah yaitu 20,1% - 40%. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian terdiri dari 6 orang siswa yang dipilih dari 36 siswa di kelas X MIA 2 SMA Negeri 77 Jakarta. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi motivasi belajar matematika siswa, lembar angket motivasi belajar matematika siswa, lembar pedoman wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari dua pertemuan untuk masing-masing siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, angket motivasi belajar matematika siswa dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan triangulasi data. Lembar observasi dan angket motivasi belajar matematika siswa divalidasi melalui validasi konstruk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PBL dengan metode permainan mathpoly dalam bentuk penugasan kartu soal dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil angket motivasi belajar matematika siswa, diperoleh rata-rata skor motivasi belajar matematika siswa siklus I sebesar 128,28 dengan presentase sebesar 65,78% dan termasuk ke dalam interpretasi “cukup baik”. Hasil ini mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata hasil skor motivasi belajar matematika siswa sebesar 138,86 dengan presentase sebesar 71,21% dan termasuk ke dalam interpretasi “baik”. Pada siklus terakhir juga mengalami peningkatan dengan rata-rata hasil skor motivasi belajar matematika siswa siklus III sebesar 148,33 dengan presentase sebesar 76,07% dan termasuk ke dalam interpretasi “baik”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dengan metode permainan mathpoly dalam bentuk penugasan kartu soal telah memenuhi kelayakan untuk digunakan pada proses belajar dan pembelajaran matematika pada materi peluang di kelas X SMA.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Ellis Salsabila, M.Si, ; 2). Drs. Mulyono, M. Kom |
Subjects: | Sains > Matematika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 15:44 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 15:44 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2754 |
Actions (login required)
View Item |