SURVEI SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI DALAM PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SE-KECAMATAN PULOGADUNG

PANDAPOTAN MANURUNG, . (2014) SURVEI SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI DALAM PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SE-KECAMATAN PULOGADUNG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sarana dan prasarana Pendidikan Jasmani yang dimiliki Sekolah Menengah Atas se-Kecamatan Pulogadung. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas se-Kecamatan Pulogadung dengan cara mewawancarai responden secara langsung dengan datang ke sekolah yang bersangkutan dan mewawancarai guru pendidikan jasmani dan melakukan observasi tentang sarana dan sarana setelah melakukan wawancara yang bertujuan untuk memastikan tidak adanya kesalahan dari data yang telah diambil. Yang dilakukan dalam jangka waktu 1 bulan terhitung 18 Mei-18 Juni 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Deskiptif dan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada responden (sampel). Hasil penelitian dilihat dari keberadaan tiga induk gerak yaitu keberadaan sarana Atletik yang memiliki prosentase 19,3%, keberadaan sarana Senam yang memiliki prosentase 7%, dan keberadaan sarana Permainan bola Besar maupun Bola Kecil yang memiliki prosentase 73,7% . Dilihat dari status sarana tiga induk gerak yang dimiliki Sekolah Menengah Atas yaitu sarana Atletik yang baru dengan prosentase 0.93% dan sarana Atletik yang lama dengan prosentase 18,4%, sarana Senam yang baru dengan prosentase 3,37% dan sarana Senam yang lama 3,6, sarana permainan yang baru dengan prosentase 36% dan sarana Permainan dengan prosentase 37,7. Kemudian dilihat dari keadaan sarana tiga induk iv gerak yang dimiliki Sekolah Menengah Atas yaitu sarana Atletik yang baik dengan prosentase 20,2% dan yang rusak dengan prosentase 1,5%, sarana Senam yang baik dengan prosentase 10,85 dan sarana Senam yang rusak dengan prosentase 0,5%, sarana Permainan Bola Besar dan Bola kecil yang baik dengan prosentase 63,5% dan sarana yang rusak 5.4%. Kesimpulan penelitian ini adalah Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Atas menyatakan dilihat dari sarana yang dimiliki sekolah cukup memadai untuk kegiatan belajar mengajar pendidikan jasmani se-Kecamatan Pulogadung. Sedangkan untuk prasarana terdapat 13 dengan prosentase keberadaan 46,8%, dan untuk prosentase keadaan adalah 40,4% dan untuk prosentase status prasarana adalah 43,6%. Dapat disimpulkan bahwa Sekolah Menengah Atas kurang memenuhi prasarana olahraga di Kecamatan Pulogadung

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sudarso, M.Pd. ; 2). Dr. Yusmawati, M.Pd.
Subjects: Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi
Divisions: FIO > Penjaskesrek
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2022 06:23
Last Modified: 25 Apr 2022 06:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27549

Actions (login required)

View Item View Item