DILEMA NASIONALISME TOKOH INDO DALAM NOVEL BURUNG�BURUNG MANYAR KARANGAN Y.B. MANGUNWIJAYA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

ADITYA KUSUMA FIRDAUSI, . (2015) DILEMA NASIONALISME TOKOH INDO DALAM NOVEL BURUNG�BURUNG MANYAR KARANGAN Y.B. MANGUNWIJAYA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (959kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dilema nasionalisme tokoh indo dalam novel burung-burung manyar karangan Y.B. Mangunwijaya. Waktu pengelitian dilakukan antara bulan Juli 2014 – Desember 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskripif kualitatif dengan analisis isi,yaitu dengan mengumpulkan, menganalisis, dan mendeskripsikan data dilema nasionalisme yang terdapat dalam novel Burung-Burung Manyar karangan Y. B. Mangunwijaya, terbitan Djambatan, di Jakarta, cetakan ke delapan tahun 1992 dengan jumlah 261 halaman. Hasil penelitian menunjukkan adanya 5 dilema nasionalisme tokoh indo dalam novel Burung-Burung Manyar, yaitu: source of belonging dan feeling of belonging, source of belonging dan ascriptions/ constructions of belonging, source of belonging dan fluidities of belonging, feeling of belonging dan ascriptions/ constructions of belonging, dan fluidities of belonging dengan ascriptions/ constructions of belonging. Penelitian ini berimplikasi pada pengajaran guru bidang sastra khususnya pada unsur-unsur intrinsik yang dikaitkan dengan tokoh dan penokohan dalam novel sehingga guru dapat membimbing siswa dalam menemukan unsur-unsur tersebut di dalam karya sastra novel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Irsyad Ridho, M.Hum. ; 2). Bapak Erfi Firmansyah, M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2022 05:50
Last Modified: 26 Apr 2022 05:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27551

Actions (login required)

View Item View Item