PENGEMBANGAN ALAT PERAGA FISIKA MATERI GERAK MELINGKAR UNTUK SMA

DESI NICOLA ASTURO S, . (2015) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA FISIKA MATERI GERAK MELINGKAR UNTUK SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
PENGEMBANGAN ALAT PERAGA FISIKA MATERI GERAK MELINGKAR UNTUK SMA.pdf

Download (13MB)
[img]
Preview
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg

Download (242kB) | Preview

Abstract

Pengembangan Alat Peraga Fisika Materi Gerak Melingkar untuk SMA sebagai media pembelajaran materi gerak melingkar telah dilakukan.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga yang lebih inovatif dan efektif melalui kegiatan praktikum sebagai sarana pembelajaran fisika materi gerak melingkar bagi siswa SMA kelas XI. Alat peraga yang dikembangkan alat peraga gerak melingkar berbasis mikrokontroler dengan photo diode sebagai counter dan Real Time Control sebagai timer otomatis pada sumbu horizontal dan vertikal. Penelitian ini menerapkan metodologi penelitian pengembangan R&D (Research and Development) yang dimodifikasi oleh Borg dan Gall dengan dengan tahapan : 1) Analisis kebutuhan 2) Survey Lapangan 3) Pengumpulan Dataa 4) Desain produk awal 5) Revisi Produk 6) Uji coba Produk 7) Pembuatan produk dilakukan Laboratorium FMIPA Universitas Negeri Jakarta 8) Validasi produk oleh dosen ahli materi dengan perolehan skor 94% ,skor ahli media 87%, dan skor 95% oleh guru Fisika SMA 9)Revisi dan produk akhir yang telah selesai dilaksanakan.10) Diseminasi dan Uji coba produk lapangan dilakukan terhadap siswa kelas XI SMA Negeri 67 Jakarta dengan perolehan skor 96% dan uji efektivitas melalui pre-post test yang menghasilkan 100% siswa mendapat nilai akhir di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM)diinterpretasikan sangat baik. Development of Materials Physics Viewer Tool Circular Motion for SHS as a medium of learning materials have done.Circular motion development is aimed at developing more innovative props and effective through practical activities as a means of learning the circular motion of physics matter for senior high school students of class XI. Developed the props circular motion-based microcontroller with a photo diode as a counter and Real Time Control as the self-timer on the horizontal and vertical axis. This research applies research methodology development R & D (Research and Development) as modified by Borg and Gall with the following phases: 1) Analysis of needs 2) Field surveys 3) Gathering the Data 4) Initial design product 5) Product revised 6) Testing Products 7) manufacture of products made Laboratory, State University of Jakarta 8) Validation by expert lecturers material products with the acquisition of 94% score, score 87% of media experts, and a score of 95% by high school Physics teacher 9) Revision and final products that have completed.10) Dissemination and the product field trials conducted on a class XI student of 67 SHS Jakarta with a score of 96% recovery and the effectiveness of the test through pre-post test that produces 100% of students scored at the top end of the minimum completeness criteria (KKM) interpreted very good.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Desnita, M.Si. ; 2). Dra. Raihanati.
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2022 06:18
Last Modified: 26 Apr 2022 06:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27564

Actions (login required)

View Item View Item