PENGEMBANGAN PAKET PEMBELAJARAN UNTUK PELATIHAN HIPNOSIS DI INDONESIAN FUTURE HYPNOSIS

ABDUL ROCHIM, . (2015) PENGEMBANGAN PAKET PEMBELAJARAN UNTUK PELATIHAN HIPNOSIS DI INDONESIAN FUTURE HYPNOSIS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (78kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img] Text
4. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (575kB)
[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (86kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (587kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (525kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (170kB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (638kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (40kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa paket pembelajaran sebagai sumber belajar pada pelatihan Hipnosis. Berdasarkan tujuannya, pengembangan ini dapat dikategorikan sebagai penelitian pengembangan karya inovatif. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Berdasarkan model tersebut, penelitian pengembangan ini telah melalui tahap Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan produk), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Nama produk dari pengembangan ini adalah “Paket Pembelajaran untuk Pelatihan Hipnosis”. Paket pembelajaran ini digunakan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam melakukan struktur dasar hipnosis. Paket pembelajaran ini terdiri dari modul cetak dan video yang dikemas dalam bentuk compact disc (CD). Evaluasi pada penelitian ini menggunakan pendekatan evaluasi formatif dengan menggunakan instrumen kuesioner untuk melihat kualitas dari paket pembelajaran oleh ahli materi, ahli disain pembelajaran dan ahli media. Setelah dilakukan revisi berdasarkan saran dari setiap ahli, kemudian dilakukan ujicoba kepada peserta didik dengan one to one, small group dan field test. Pada field test digunakan instrumen tes untuk melihat ketercapaian tujuan pembelajaran dari paket pembelajaran. Merujuk pada hasil evaluasi formatif, maka diketahui bahwa paket pembelajaran ini dikatakan baik dengan rata-rata 3,5. Dapat disimpulkan bahwa “Paket Pembelajaran untuk Pelatihan Hipnosis” ini telah teruji efektifitasnya dan layak untuk terus digunakan sebagai sumber belajar bagi peserta pelatihan hipnosis di Indonesian Future Hypnosis. This development research is aim to produce learning material which is contain multimedia kits for hypnosis training. This research can be categorized as innovative project research. Researcher used ADDIE model to produce the product which are contain five steps Analyze (A), Design (D), Development (D), Implementation (I), and Evaluation (E). The research result a product “Multimedia kits for Hypnosis Training”. The multimedia kits could be used to improving knowledge and skills of trainee on hypnosis based structure. The multimedia kits contained module and video on CD. Researcher did formative evaluation with questioner instrument to Contain Material Expert, Learning Design Expert, and Media Expert. The experts give critics, suggests,advices, and comment of product (multimedia kits). After researcher get the results of expert review, researcher did revision on product to improve the quality before it use by trainee. After doing revision, researcher did evaluation to user (trainee) with One to One Evaluation, Small Group, dan Field Test by instrument test. Results of formative evaluation is 3.5 on 1 – 4 scale. It shows “Multimedia kits for Hypnosis Training” is effective to use by trainee on their hypnosis training at Indonesia Future Hypnosis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Robinson Situmorang, M.Pd ; 2). Retno Widyaningrum, S.Kom, M.M
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2022 06:23
Last Modified: 26 Apr 2022 06:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27567

Actions (login required)

View Item View Item