PENGARUH EFEKTIVITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 9 BEKASI

ADE PRATYA RAMADHAN, . (2014) PENGARUH EFEKTIVITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 9 BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
AWALAN.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (123kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (737kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan fakta yang valid, dan dapat dipercaya (reliable) tentang Pengaruh Efektivitas Pemanfaatan Perpustakaan dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Bekasi. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa SMA Negeri 9 Bekasi yang berjumlah 1283 siswa. sampel yang digunakan adalah sebanyak 95 siswa yang terdiri dari kelas X.8 dan X.9. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara sensus. Instrument yang digunakan dalam bentuk kuisioner dengan 21 pernyataan untuk efektivitas pemanfaatan perpustakaan dan 26 pernyataan untuk motivasi belajar. Sedangkan prestasi belajar ekonomi siswa diperoleh dari nilai raport semester ganjil tahun ajaran 2012/2013. Dari syarat uji penelitian, data yang didapat dinyatakan linear dan berdistribusi normal dengan persamaan regresi ganda Y = 53,743 + 0,163 X1 +0,093 X2. Dengan melihat tes secara simultan melalui tabel ANOVA dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama – sama antara kedua variable independen, dimana Fhitung sebesar 16,739 dan Ftabel sebesar 3,11. Lalu secara parsial efektivitas pemanfaatan perpustakaan berpengaruh terhadap prestasi belajar dimanat hitung lebih besar dari ttabel. Begitu juga motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar dimana thitung lebih besar dari ttabel. Berdasarkan tabel summary, didapat koefisien korelasi sebesar 0,517 yang artinya hubungan antara variable dependen dengan variable independent memiliki hubungan yang sedang atau cukup. Perhitungan koefisien determinasi diperoleh rxy2 = 0,267, hal ini berarti 26,7% prestasi belajar ekonomi ditentukan efektivitas pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar dan sisanya dipengaruhi oleh factor lain. Model regresi berganda juga bebas dari asumsi klasik, dimana terbebas dari masalah heterokedasitas dan masalah multikolinearitas. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara efektivitas pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 9 Bekasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Siti Nurjanah,SE,.M.Si. ; 2). Ari Saptono, SE, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 14 Jan 2020 09:27
Last Modified: 14 Jan 2020 09:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2758

Actions (login required)

View Item View Item