IMPLIKASI PENDEKATAN SOCIO-CRITICAL DAN PROBLEM-ORIENTED DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

DIAN ILMIYATI, . (2015) IMPLIKASI PENDEKATAN SOCIO-CRITICAL DAN PROBLEM-ORIENTED DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Dian Ilmiyati (3315115786)-Pendidikan Kimia Non Regu.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Artikel Dian Ilmiyati (3315115786)-Pendidikan Kimia Non Regu.pdf

Download (326kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi pendekatan Socio- critical dan Problem-oriented dalam pembelajaran kimia pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian dilterapkan pada Januari 2015 dengan subjek kelas X MIPA 1 SMAN 107 Jakarta sebanyak 36 siswa. Kegiatan pembelajaran dalam penelitian ini dilaksanakan dengan mengkaji dan mengkritisi isu sosial yang disajikan melalui berbagai media seperti artikel, video, wacana, surat kabar, dan media lainnya. Isu sosial yang diangkat dalam penelitian ini terdiri dari isu minuman isotonik, air laut, dan obat pencahar. Metodologi yang digunakan adalah metodologi penelitian kualitatif yang diterapkan dengan melakukan pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi kelas, reflektif jurnal, dan instrumen VLES-Modified yang terdiri dari enam indikator. Pengumpulan data tersebut mengacu pada enam indikator yaitu metode, dukungan guru, kerjasama, empati komunikasi, berpikir kritis, dan refleksi isu-isu sosial. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan Socio-critical dan Problem-oriented memberikan implikasi positif bagi siswa seperti mengembangkan kerjasama antar siswa melalui kegiatan debat dan diskusi isu-isu sosial; siswa tertarik dan termotivasi untuk belajar kimia terutama melalui pembahasan isu-isu sosial; siswa belajar saling menghormati satu sama lain saat debat berlangsung; kemampuan berpikir kritis siswa terlatih melalui kajian artikel; siswa belajar berdialog dan berpendapat melalui kegiatan debat; menganalisa & merefleksikan nilai-nilai yang dimiliki siswa melalui evaluasi isu-isu sosial serta belajar menyelesaikan masalah secara bersama-sama melalui diskusi. Selain itu rasa percaya diri dan kreativitas siswa juga dapat terlihat dari hasil poster sebagai media pendukung debat. Hal tersebut mengindikasikan bahwa pembelajaran dengan pendekatan Socio-critical dan Problem-oriented dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pilihan dalam kegiatan pembelajaran kimia di Indonesia sebagai upaya penerapan pembelajaran kimia yang berkarakter khususnya pada pengembangan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Imam Santoso, M.Si. 2). Yuli Rahmawati, M.Sc., Ph.D.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2022 03:55
Last Modified: 27 Apr 2022 03:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27587

Actions (login required)

View Item View Item