URIP MULYANI, . (2016) PENGARUH TEKNIK DISKUSI KELOMPOK DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG DIMENSI SEKSUALITAS MANUSIA (Studi Quasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas IX di SMP Negeri 7 Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Urip Mulyani (1715121297).pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teknik diskusi kelompok dalam bimbingan kelompok berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman siswa tentang dimensi seksualitas manusia. Penelitian ini menggunakan quasi-experimental design dengan bentuk pretest-posttest nonequivalent group design. Sampel dari penelitian ini adalah 20 orang siswi kelas IX SMP Negeri 7 Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini termasuk ke dalam statisik non-parametrik. Uji statistik yang digunakan untuk mengolah data dan menarik kesimpulan adalah Wilcoxon Signed Ranks Test dan Mann-Whitney U Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai asymp. sig. adalah sebesar 0,002 < 0,05 (α). Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan antara teknik diskusi kelompok dalam bimbingan kelompok terhadap peningkatan pemahaman siswa tentang dimensi seksualitas manusia. Skor rata-rata pemahaman kelompok eksperimen meningkat dari 15,3 (pretest) menjadi 21,5 (posttest) atau terjadi peningkatan skor rata-rata sebesar 6,2. Secara implisit, hal ini memberikan bukti bahwa teknik diskusi kelompok dalam bimbingan kelompok dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk memberikan pemahaman yang memadai kepada siswa tentang suatu topik pembahasan. Oleh sebab itu, guru dapat memaksimal penggunaan teknik diskusi kelompok ini untuk memberikan pemahaman pada topik pembahasan yang lain dengan didasarkan pada kebutuhan dan tingkat pemahaman awal dari setiap siswa. This research has purpose to determine whether group discussion technique in counselling group effect on increasing understanding of dimensions of human sexuality. This research used quasi-experimental design model in the form of pretest-posttest nonequivalent group design. The sample of this research were 20 students of grade IX at SMPN 7 Jakarta. Sampling technique used was purposive sampling. This research included into the statistic non-parametric. Statistic test used to process the data and draw conclusions were Wilcoxon Signed Ranks Test and Mann-Whitney U Test. The results of research showed that asymp. sig. value was 0,002 < 0,05 (α). Thus, group discussion technique in counselling group has significant effect on increasing student’s understanding of dimensions of human sexuality. The average score of experiments group was increasing from 15,3 (pretest) to 21,5 (posttest) or increased 6,2. Implicitly, this results provided evidence that the group discussion technique in counselling group can be used as an alternative to provide a sufficient understanding to students about a topic of discussion. Therefore, teachers can maximize the use of the group discussion techniques to provide understanding on another discussion topic based on needs and the prior level of understanding of each student.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Wirda Hanim, M. Psi. 2). Dra. Endang Setiyowati. |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 23:24 |
Last Modified: | 22 Apr 2022 23:24 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27612 |
Actions (login required)
View Item |