VANISA WIDIANA, . (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DOMAIN KOGNITIF MELALUI PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN Menteng 02 Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI.pdf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika domain kognitif melalui penggunaan lembar kerja siswa berbasis pendekatan pembelajaran saintifik pada siswa kelas IV SDN Menteng 02 Jakarta Pusat. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN Menteng 02 Jakarta Pusat pada semester I tahun ajaran 2016/2017. Jenis metodologi dari penelitian ini adalah model siklus Kemmis dan Taggart dan dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil dari siklus I adalah hasil belajar matematika domain kognitif baru mencapai 62%, sedangkan pada siklus II hasil belajar matematika domain kognitif meningkat menjadi 93%. Hasil pemantau tindakan aktivitas guru pada siklus I baru mencapai 82%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Hasil pemantau tindakan aktivitas siswa pada siklus I baru mencapai 87%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Dengan demikian pencapaian hasil siklus II mengenai hasil belajar matematika domain kognitif telah mencapai target yang diharapkan. Dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan lembar kerja siswa berbasis pendekatan pembelajaran saintifik dapat meningkatkan hasil belajar matematika domain kognitif. The purpose of classroom action research is to increase the result of learning mathemathics cognitive domain by using student worksheet based on scientific learning approachment at 4th grade student of Menteng 02 Elementary School Central Jakarta. This research was implemented at 4th grade student of Menteng 02 Elementary School Central Jakarta during the first semester of 2016/2017. The kind of methodology of this research is Kemmis and Taggart cycle model and implemented for 2 cycles that consist of 4 stage, those are: planning, implementing, observing, and reflecting. The result of first cycle is the result of learning mathematics cognitive domain achieved 62%, meanwhile in second cycle increase to 93%. The result of teacher’s activity acting observation in first cycle just achieved 82%, meanwhile in second cycle increase to 100%. The result of students’ activity acting observation in first cycle achieved 87%, meanwhile in second cycle increase to 100%. Therefore, achievement of the second cycle achieve the prospect target. It can be concluded that this research can increase the result of learning mathemathics cognitive domain.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd. 2). Dra. Sri Sugiarti, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 23:53 |
Last Modified: | 22 Apr 2022 23:53 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27615 |
Actions (login required)
View Item |