EVALUASI PROGRAM PELATIHAN “PENGANGKATAN PERTAMA JABATAN FUNGSIONAL ENTOMOLOG KESEHATAN JENJANG TERAMPIL” DI BALAI BESAR PELATIHAN KESEHATAN (BBPK) JAKARTA

VARIAN FAUZAN, . (2016) EVALUASI PROGRAM PELATIHAN “PENGANGKATAN PERTAMA JABATAN FUNGSIONAL ENTOMOLOG KESEHATAN JENJANG TERAMPIL” DI BALAI BESAR PELATIHAN KESEHATAN (BBPK) JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi Varian FIX.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi program pelatihan “Pengangkatan Pertama Jabatan Fungsional Entomolog Kesehatan Jenjang Terampil” di BBPK Jakarta Kementerian Kesehatan RI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik survei. Model evaluasi yang dipakai adalah model evaluasi Donald Kirkpatrick (1998) pada Level 1 (Reaksi) dan Level 2 (Belajar). Penelitian ini juga merupakan studi sensus atau studi populasi karena peneliti menggunakan semua peserta pelatihan yang berjumlah 30 orang sebagai sampelnya. Data diambil melalui penyebaran kuesioner dan pemberian tes (pretest dan posttest). Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa empat komponen (media pelatihan, materi pelatihan, fasilitas pelatihan, dan logistik/konsumsi) pada Level 1 (Reaksi) direspon secara positif oleh sebagian besar peserta pelatihan. Hal-hal lainnya pada lima komponen (pelatih/instruktur, jadwal pelatihan, latihan atau tugas, studi kasus, dan handouts) dari beberapa indikator direspon secara negatif oleh peserta pelatihan. Sementara itu, hasil penelitian untuk Level 2 (Belajar) meliputi tes (pretest dan posttest) yang hasilnya pada tes (pretest dan posttest) keseluruhan hampir semua peserta pelatihan mengalami peningkatan. This research aims to evaluate the “Functional Positions in the Ingenious Level of Medical Entomologist First Appointment” Training Program at BBPK Jakarta of Indonesian Health Ministry. The research method used is descriptive with survey technique. While the evaluation model used is Donald Kircpatrick’s model (1998) in Level 1 (Reaction) and Level 2 (Learning). This research is also a census study and population study because the researcher involved all the trainees consist of 30 people as the sample. The data is collected through questionnaires and tests (pretest and posttest). Then, the collected data is analyzed using descriptive statistic. The result shows that the four components (training medias, training materials, training facilities, and logistic) in Level 1 (reaction) are positively responded by most of the trainees. The other matters in the five components (trainer/instructor, training schedule, exercise or task, case study, and handouts) and some indicators are negatively responded by the trainees. Meanwhile, the results for Level 2 (Learning) include tests (pretest and posttest) the results on the test (pretest and posttest) total nearly all trainees has increased..

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. RA. Hirmana Wargahadibrata, M.Sc. Ed. 2). Retno Widyaningrum, S.Sos, M.M.
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Apr 2022 00:01
Last Modified: 23 Apr 2022 00:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27616

Actions (login required)

View Item View Item