KOMPETENSI WIDYAISWARA TERHADAP PROSES PELAKSANAAN DIKLAT (Survey Di Balai Diklat Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Wilayah III Jakarta, Pasar Jumat - Jakarta Selatan)

VERA ANGELINA MARBUN, . (2017) KOMPETENSI WIDYAISWARA TERHADAP PROSES PELAKSANAAN DIKLAT (Survey Di Balai Diklat Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Wilayah III Jakarta, Pasar Jumat - Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Vera_Angelina_1515120048.PDF

Download (2MB)

Abstract

Kompetensi Pendidik menjadi salah satu komponen yang paling utama dalam menyelenggarakan suatu pembelajaran. Dalam sebuah lembaga diklat seorang pendidik sering disebut sebagai Widyaiswara.Seorang pendidik harus menguasai empat kompetensi sebagai pendidik yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi professional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran dan informasi mengenai kompetensi yang dimiliki atau dikuasai oleh Widyaiswara dalam proses pembelajaran di sebuah kegiatan Diklat di Balai Diklat PUPR Wilayah III Jakarta, Pasar Jum‟at – Jakarta Selatan. Subyek penelitian ini adalah Kompetensi Widyaiswara. Kompetensi yang dimaksud adalah kompetensi Pedagogic-andragogic, kompetensi Profesional, Kompetensi Sosial dan Kompetensi Kepribadian. Kompetensi Widyaiswara diantaranya mengenai penguasaan mengenai karakteristik peserta didik, menguasai konsep Pendidikan, menguasai tentang pengembangan kurikulum, menguasai teori pembelajaran, mampu menciptakan suasana pembelajaran yang efektif, mampu menjalin komunikasi dengan baik, menguasai strategi pembelajaran, menguasai konsep media pembelajaran dan menguasai prosedur penilaian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan angket dan observasi saat pelaksanaan diklat. Melalui penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa kompetensi Widyaiswara di Balai Diklat PUPR Wilayah III Jakarta, Pasar Jum‟at – Jakarta Selatan termasuk dalam predikat “Baik” meskipun para Widyasiwara mendapatkan predikat „Baik” namun masih ada beberapa kompetensi yang kurang dikuasai oleh Widyaiswara di Balai Diklat PUPR Wilayah III Jakarta seperti kurangnya pemahaman Widyaiswara mengenai merancang strategi pembelajaran yang sesuai untuk peserta diklat, metode yang digunakan dalam menyampaikan materi hanya menggunakan ceramah dan media pembelajarannya hanya slide power point. Hanya ada beberapa Widyaiswara yang menggunakan metode diskusi dan menggunakan media tambahan. Widyaiswara juga tidak melakukan evaluasi materi yang sudah diberikan kepada peserta selama diklat, evaluasi hanya akan dilakukan apabila pihak penyelenggara meminta melakukan evaluasi. Kesimpulan penelitian ini adalah diketahui bahwa kompetensi yang dimiliki oleh Widyaiswara perlu ditingkatkan terutama mengenai pemahaman karakteristik belajar peserta diklat dengan cara mengikuti pelatihan terutama mengenai cara mengelola pembelajaran dalam diklat sehingga tujuan dari pelaksanaan diklat dapat tercapai dengan baik. Materi pembelajaran pun dapat diterima oleh peserta dengan baik. Widyaiswara harus lebih berkreasi dalam metode dan media yang disampaikan. Widyaiswara juga harus lebih menjalin kerjasama dengan widyaiswara lain terutama mengenai pembuatan RMP dan mengadakan identifikasi kebutuhan peserta diklat. The competence of Educators to become one of the most important components in a study. In a training institution of an educator is often referred to as Widyaiswara. An educator must master the four competencies as educators, namely pedagogic competence, professional competence, social competence, personality and competence. The aim of this study was to obtain a picture and information about the competencies that are owned or controlled by the lecturer in the learning process in Balai Diklat Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Wilayah III Jakarta Selatan. The subject of this research is competence civil servant training .Competence referred to are pedagogic-andragogic competence , professional competency , competence social and competence personality .Competence civil servant training of them about mastery on the characteristics of school tuition , control the concept of education , control about curriculum development , control the theory learning , capable of creating a learning effective , capable of communicate well , control strategy learning , control the concept of media learning and control procedures assessment .Technique data collection used in this research using chief and observation it is time for the training . Through this research can be concluded that the competence lecturer at Balai Diklat Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Wilayah III Jakarta Selatanincluded in the "Good" category even though the Widyasiwara awarded the 'Good' but there are some competencies that are less controlled by lecturer at Balai Diklat Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Wilayah III Jakarta Selatan Widyaiswara as a lack of understanding about designing learning strategies appropriate for participants of the training, the method used in presenting the material using only lectures and learning media only power point slide. There are only a few Widyaiswara using the method of discussion and using additional media. Widyaiswara also did not evaluate the material that has been given to the participants during the training, evaluations will only be conducted if the organizers ask for an evaluation. The conclusion of this study is known that the competencies possessed by the lecturer needs to be improved, especially regarding the understanding of the characteristics of study participants of the training by way of training, especially regarding how to manage learning in the training so that the purpose of the implementation can be achieved with good training. Learning materials can be accepted by other well. Lecturer should be more creative in the methods and media are delivered. Lecturer should also be more cooperation with other trainers, especially regarding creation of RMP and conduct identification of training needs of the participants.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Karnadi, M.Si. 2). Dr. Durotul Yatimah, M.Pd.
Subjects: Manajemen > Manajemen , Business
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Apr 2022 00:17
Last Modified: 23 Apr 2022 00:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27618

Actions (login required)

View Item View Item