WAFIQUL HAQ MAULANA FADHILAH, . (2017) MENINGKATKAN GERAK DASAR MELEMPAR BOLA BESAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS IV SD (Penelitian Tindakan Kelas di SDS Budi Wanita Setiabudi Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Abstrak Melempar YES.pdf Download (150kB) |
|
Text
BAB V Melempar Yes.pdf Download (302kB) |
|
Text
BAB I Melempar Yes.pdf Download (279kB) |
|
Text
BAB II Melempar Yes.pdf Download (591kB) |
|
Text
BAB III Mlempar Yes.pdf Download (454kB) |
|
Text
BAB IV Melempar Yes.pdf Download (1MB) |
|
Text
Lembar pengesahan.pdf Download (333kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (104kB) |
|
Text
Lembar Keaslian Skripsi.pdf Download (318kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR Melempar YES.pdf Download (193kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (330kB) |
|
Text
Riwayat Hidup Yes.pdf Download (150kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang peningkatan kemampuan gerak dasar melempar bola besar melalui pembelajaran saintifik dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDS Budi Wanita Setiabudi Jakarta Selatan dimulai pada bulan November sampai bulan Desember 2016, menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 kegiatan utama yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan persentase kemampuan gerak dasar melempar bola besar meningkat 18% dari 77% pada siklus I menjadi 95% pada siklus II. Adapun data untuk pemantau tindakan pembelajaran melalui pembelajaran saintifik meningkat 20% dari 75% pada siklus I menjadi 95% pada siklus II. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran saintifik dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar melempar bola besar dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Kesimpulannya adalah bahwa pembelajaran pendidikan jasmani dengan menggunakan pembelajaran saintifik dapat dijadikan cara untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar melempar bola besar di kelas IV SDS Budi Wanita Setiabudi Jakarta Selatan. This study aimed to obtain data on the increase in basic motor skills throwing a large ball in scientific learning in physical education teaching. The research was conducted in class IV SDS Budi Wanita Setiabudi South Jakarta began in November to December 2016, using research methods class action (classroom action research), which consists of 2 cycles with four main activities: planning, action, observation, and reflection. The results showed the percentage of basic motor skills throwing a large ball increased 18% from 77% in the first cycle to 95% in the second cycle. While data for monitoring action scientific learning increased 20% from 75% in the first cycle to 95% in the second cycle. From the results, it can be stated that by using scientific learning can improve learning basic movement throwing a large ball in physical education. The conclusion is that learning physical education by using scientific learning can be used as a way to improve basic motor skills throwing a large ball in class IV SDS Budi Wanita Setiabudi, South Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Julius Sagita, M.Pd. 2). Dra. Maratun Nafiah, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 23 Apr 2022 01:21 |
Last Modified: | 23 Apr 2022 01:21 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27625 |
Actions (login required)
View Item |