PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS I’DAD (KELAS PERSIAPAN) DI PONDOK PESANTREN MA HUSNUL KHOTIMAH

WIDARTI RATNA NEGARA, . (2016) PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS I’DAD (KELAS PERSIAPAN) DI PONDOK PESANTREN MA HUSNUL KHOTIMAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Widarti Ratna Negara-Skripsi.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh regulasi diri terhadap penyesuaian diri. Pengukuran variabel penyesuaian diri menggunakan alat ukur Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ) dan untuk pengukuran variabel regulasi diri menggunakan alat ukur yaitu Adolescent-Self Regulatory Inventory (ASRI). Metode pengolahan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah ketika penyesuaian diri (Y) mengalami kenaikan satu satuan, maka variabel regulasi diri (X) akan mengalami penambahan sebesar 0,82.Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif regulasi diri terhadap penyesuaian diri. Variabel regulasi diri mempengaruhi penyesuaian diri sebesar 10% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar regulasi diri. The purpose of this study was to determine the effect of self-regulation to the adjustment. Measurement variable adjustment using a measuring instrument Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ) and to the measurement of self-regulation variables using a measuring instrument ie Adolescent SelfRegulatory Inventory (ASRI). Data processing method used in this research is the method of regression analysis. The results of the research conducted is when the adjustment (Y) increases one unit, then the self-regulation variable (X) will be in increments of 0.82. It is concluded that there are positive influence of self-regulation to the adjustment. Variable self-regulation affects adjustment of 10% and the rest influenced by other factors outside of self-regulation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Irma Rosalinda Lubis, M.Si. 2). Dwi Kencana Wulan, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPPsi > S1 Psikologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Apr 2022 01:50
Last Modified: 23 Apr 2022 01:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27627

Actions (login required)

View Item View Item