PENGEMBANGAN VIDEO PROFIL PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI MAHASISWA TAHUN PERTAMA

WIDYA RESTU PERWITASARI, . (2017) PENGEMBANGAN VIDEO PROFIL PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI MAHASISWA TAHUN PERTAMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Pengembangan Video Profil TP FIP UNJ.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menghasilkan produk sebuah video profil Program Studi Teknologi Pendidikan sebagai informasi tambahan yang lebih lengkap bagi mahasiswa tahun pertama sebagai gambaran awal dasar pengetahuan mengenai profil program studi teknologi pendidikan. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Pada model pengembangan ADDIE ini memiliki model pengembangan yang sistematis dengan memfokuskan untuk menghasilkan suatu produk yang menarik, serta disetiap langkah pengembangannya terus berhubungan langsung dengan aktifitas revisi. Model pengembangan ADDIE dilakukan melalui tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pada tahapan tersebut dijadikan pedoman untuk penelitian pengembangan dalam menghasilkan produk video profil. Indikator yang diukur pada penelitian yaitu proses pembelajaran dengan menggunakan video dan hasil belajar siswa. Pada pengembangan ini telah memenuhi kriteria setelah melewati empat tahap ujicoba antara lain expert review, one to one, small group, dan field test. Pengembangan ini melibatkan beberapa ahli dibidang keahliannya, yaitu bapak Kunto Imbar Nursetyo, M.Pd sebagai ahli media, dan ibu Dra. Suprayekti, M.Pd sebagai ahli materi. Penilaian menggunakan skala nilai 1-4. Dari hasil uji coba tersebut diperoleh rata-rata keseluruhan evaluasi pada tahapan expert review adalah 3,33. Pada tahapan uji coba one to one memperoleh hasil nilai rata-ratanya adalah 3,52. Pada tahapan uji coba small group memperoleh hasil rata-ratanya adalah 3,36. Dan pada tahapan uji coba field test memperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 8,50. Implikasi dari hasil penelitian pengembangan ini bagi dosen dan mahasiswa diharapkan dapat digunakan untuk memotivasi diri dalam memanfaatkan video profil sebagai media pembelajaran yang lebih menarik dan kreatif. Selain itu kepada mahasiswa lain yang akan mengembangkan media, diharapkan dapat menjadi pertimbangan dalam melakukan penelitian yang lebih baik. This research is a development by producing a video profile Educational Technology Studies Program as additional information that is more complete for first-year students as an initial picture of the basic knowledge about the profile of educational technology courses. This development study was conducted using ADDIE development model. In this ADDIE development model has a systematic development model by focusing to produce a product that is attractive, and every step of its development continues directly related to the revision activity. ADDIE development model is done through the stages of analysis, design, development, implementation, and evaluation. By that stage be used as guidelines for the development of research in producing video profiles. Indicator measured in the research that the learning process by using video and student learning outcomes. In this development meets the criteria after passing through four stages of testing include expert review, one to one, small group, and a field test. This involves the development of several experts in the field of expertise, namely Mr. Kunto Imbar Nursetyo, M.Pd as media experts, and Dra. Suprayekti, M.Pd as subject matter experts. Assessment using a scale of 1-4 grades. From the test results were obtained an average overall evaluation at this stage of the expert review was 3.33. At the trial stage one to one obtain the results the average score is 3.52. At the trial stage of a small group obtained the results of the mean is 3.36. And at this stage of the trial field test earned an average of 8.50 learning outcomes. The implications of the results of this development for faculty and students are expected to be used to motivate themselves in utilizing video media profile as learning more interesting and creative. In addition to the other students who will develop media, is expected to be a consideration in better research.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eveline Siregar, M.Pd. 2). Cecep Kustandi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Tinggi, Universitas
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Apr 2022 02:04
Last Modified: 23 Apr 2022 02:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27629

Actions (login required)

View Item View Item