PENGEMBANGAN ALAT PERAGA KECEPATAN JARAK DAN WAKTU BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

FANI DWI ARINI, . (2022) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA KECEPATAN JARAK DAN WAKTU BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (931kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (335kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengembangkan alat peraga pembelajaran matematika materi jarak, kecepatan, dan waktu. Pembuatan alat peraga ini berdasarkan kebutuhan pembelajaran inovatif, kebutuhan siswa, dan hasil penelitian terdahulu tentang permasalahan kesulitan belajar materi kecepatan, jarak, dan waktu. Hasil observasi awal kebutuhan akan adanya alat peraga ini ditemukan pada materi pembelajaran matematika tentang jarak, kecepatan, dan waktu membutuhkan alat peraga yang tepat. Alat peraga yang dikembangkan dirancang semenarik mungkin agar dapat meningkatkan pembelajaran secara mandiri di sekolah maupun di rumah. Alat peraga pembelajaran ini dibuat menarik dengan metode permainan menggunakan mobil-mobilan jenis tamiya 4D yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). ADDIE merupakan model pengembangan perangkat pembelajaran. Model pengembangan ADDIE terdiri atas 5 tahap utama yaitu: adalah (1) menganalisis (2) desain (3) mengembangkan (4) menerapkan dan (5) mengevaluasi. Metode dan model ini dipilih karena bertujuan untuk menghasilkan produk berupa alat peraga matematika menggunakan mobil-mobilan tamiya materi kecepatan, jarak, dan waktu. Produk yang dikembangkan kemudian diuji kelayakannya dengan validitas dan uji coba produk untuk mengetahui sejauh mana pengembangan berpikir kritis peserta didik setelah pembelajaran menggunakan alat peraga alat peraga matematika pada materi kecepatan, jarak, dan waktu berbasis STEM. Hasil validasi ahli materi, ahli bahasa dan ahli media menunjukan hasil evaluasi kualitas alat peraga oleh ahli materi tergolong sangat baik kategori dengan skor 87%. Kualitas alat peraga oleh ahli bahasa tergolong sangat baik dengan kategori skor 94%. Kualitas alat peraga oleh ahli media tergolong sangat baik dengan ketegori skor 93%. Berdasarkan persentase perolehan skor dapat disimpulkan bahwa alat peraga untuk memecahkan masalah pada soal tentang materi jarak, kecepatan, dan waktu layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Dari hasil pengembangan alat peraga menunjukan meningkatnya tingkat berpikir kritis siswa hal ini ditunjukan pada hasil jawaban soal mengenai alat peraga dan jawaban soal mengenai kecepatan, jarak, dan waktu. 36 % berada pada tingkat menguasai, 40% pada tingkat kompeten, 18% pada tingkat mengembang, 3% dan 1% pada tingkat absent This research developed mathematical learning tools of distance material, time speed and speed. The manufacture of these props is based on innovative learning needs, student needs, the results of previous research on the problem of difficulty learning distance and time speed materials. The initial observation of the needs of these props is stated the material distance and time requires the right props. Props developed are designed as attractively as possible in order to improve learning independently at school or home. These learning props are made interesting by the 4D tamiya game method that suits elementary school students. The research and development method used is the ADDIE Model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) is a learning device development model. The ADDIE development model consists of 5 main stages: it is an acronym for (1) analyzing (2) design (3) developing (4) implementing and (5) evaluating. This method and model was chosen because it aims to produce products in the form of Tamiya props of distance and time speed material. The developed product is then tested for feasibility with validity and product trials to find out the extent of the development of critical thinking learners after learning using STEM-based distance and time based speed props. The results of validation of material experts, linguists and props showed the evaluation results showed the quality of props by material experts classified as very good categories with a score of 82.44%. The quality of props by linguists is classified as very good with a theory score of 87.75%. The quality of props by media tool experts is classified as very good with a score of 85%. Teacher response test results fall into an excellent category with a score of 86.93%. Based on the percentage of score acquisition can be concluded that props to solve problems in the problem of distance, speed and time are worth using in learning activities. Based on the results of the development of teaching aids, it shows an increase in the level of critical thinking of students, this is shown in the results of the answers to questions about teaching aids and answers to questions about speed, distance, and time. 36% are at the mastering level, 40% at the competent level, 18% at the floating level, 3% and 1% at the absent level

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Makmuri, M.Si. 2). Erry Utomo, M.Ed, Ph.D
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 14609 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2022 02:33
Last Modified: 25 Apr 2022 02:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27636

Actions (login required)

View Item View Item