WULANDARI, . (2017) PENGEMBANGAN MODUL IPS BERBASIS PEMBELAJARAN AKTIF MATERI PERJUANGAN PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA DAN JEPANG KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
WULANDARI - 1815133354.pdf Download (18MB) |
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul IPS berbasis pembelajaran aktif materi perjuangan pada masa penjajahan Belanda dan Jepang untuk kelas V SD, dengan judul “Perjuangan Pahlawan Melawan Penjajah di Indonesia”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dan menggunakan model pengembangan Atwi Suparman dengan tahapan (1) mengidentifikasi kebutuhan instruksional dan menulis tujuan instruksional umum, (2) melakukan analisis instruksional, (3) mengidentifikasi perilaku dan karakteristik awal peserta didik, (4) menulis tujuan instruksional khusus, (5) menyusun alat penilaian hasil belajar, (6) menyusun strategi instruksional, (7) mengembangkan bahan instruksional, dan (8) menyusun desain dan melaksanakan evaluasi formatif. Jumlah siswa yang menjadi responden sebanyak 27 siswa di SDN Cipinang Melayu 01 Pagi. Evaluasi formatif dilakukan oleh expert review sebanyak empat ahli, kemudian di uji coba kepada responden siswa kelas V SD pada tahap one to one, small group, dan field test. Berdasarkan hasil analisis data pada evaluasi formatif tersebut diperoleh hasilnya, yaitu one to one dilakukan dengan wawancara, small groupmemperoleh hasil 98%, dan field test memperoleh hasil 99%, serta hasil uji keefektifan produk mengalami peningkatan nilai sebesar 39,5%. Oleh karena itu, modul IPS berbasis pembelajaran aktif materi perjuangan pada masa penjajahan Belanda dan Jepang untuk siswa kelas V memperoleh kriteria sangat baik, efektif, dan layak digunakan. This research and development aimed to produce social sciences (IPS) module based active learning on struggle material during Dutch and Japan colonial for fifth grade elementary school, the title of this module is "The Struggle of Hero Against the Invaders in Indonesia". In this research, the method of this research development (R&D) used Atwi Suparman models, this step is ) identify instructional goals and general instructional objectives, (2) develop instrumental analysis, (3) identify the behavior and characteristics of the learners, (4) write special instructional goals, (5) develop learning outcomes assessment tools, (6) Instructional strategies, (7) developing instructional materials, and (8) designing and executing formative evaluations. The respondents of the research is student of Cipinang Melayu 01 Pagi as many as 27 students. The product assessment was conduct through expert review by four experts, then tested to fifth grade elementary school students at one to one, small group, and field test. The results showed the module based active learning on struggle material during Dutch and Japan colonial for fifth gradeis indicated as a very good category. It shows from the average score of 99% according to experts, 98% by small group evaluation, 99% by field test evaluation and then 39,5% by result of the test. Therefore, the IPS modul based active learning on struggle material during dutch and Japan colonial for fifth grade elementary school was excelent and feasible to use.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Arifin Maksum, M.Pd. 2). Drs. Adi Putra, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 23 Apr 2022 23:33 |
Last Modified: | 23 Apr 2022 23:33 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27638 |
Actions (login required)
View Item |