MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEMPO DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK SISWA DENGAN AUTISME MENGGUNAKAN PECS (PICTURE EXCHANGE COMMUNICATION SYSTEM) (Single Subject Research di Sekolah Khusus Daya Pelita Kasih, Jakarta Selatan)

YEMIMA VIANIS, . (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEMPO DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK SISWA DENGAN AUTISME MENGGUNAKAN PECS (PICTURE EXCHANGE COMMUNICATION SYSTEM) (Single Subject Research di Sekolah Khusus Daya Pelita Kasih, Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI YEMIMA VIANIS.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tempo dasar dalam pembelajaran seni musik pada siswa dengan autisme melalui penggunaan PECS (Picture Exchange Communication System). Sampel dalam penelitian ini adalah seorang siswa autisme berusia 20 tahun di Sekolah Khusus Daya Pelita Kasih, Jakarta Selatan. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan November 2016 sampai dengan Mei 2017. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen yang dilaksanakan melalui pendekatan penelitian subyek tunggal dengan desain A-B. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis visual dalam kondisi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan tempo dalam pembelajaran seni musik pada siswa dengan autisme dapat meningkat melalui penggunaan PECS. Penggunaan PECS ini berdampak positif pada kemampuan siswa dengan autisme tentang tempo musik. Oleh sebab itu, guru dan orang tua dapat mengaplikasikan media PECS pada kegiatan pembelajaran di sekolah maupun di rumah. ****** This study aims to improve the basic tempo ability in the learning of music art in students with autism through use PECS (Picture Exchange Communication System). The sample in this study was a 20 years old autism student in Daya Pelita Kasih Special School, South Jakarta. The study was conducted from November 2016 until May 2017. The method used is an experimental method implemen A-B.Technique of data collection is done by observation and documentation. Data analysis technique use visual analysis under condition. The result showed that the tempo ability in music art learning in student with autism can be increased through use PECS. The use of PECS has a positive impact on students ability with autism about the tempo of music. Therefore, teachers and parents can apply PECS media on learning activities at school and home.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ishak Gerald Bachtiar, S.Si, M.Pd. 2). Lalan Erlani, M.Ed.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Apr 2022 00:06
Last Modified: 24 Apr 2022 00:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27640

Actions (login required)

View Item View Item