PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR

ZAKIAH, . (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi ZAKIAH ( 521 512 5350 ).pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Elektronika Dasar di SMK Negeri 5 Jakarta. Model pembelajaran yang kurang kondusif dan selalu berpusat pada guru menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar elektronika dasar peserta didik. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation yang diharapkan dapat membangun pengetahuannya sendiri dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian yang digunakan yaitu “Post-Test Only Control Group Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X Jurusan Teknik Audio Video (TAV) SMK Negeri 5 Jakarta. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas dengan teknik pengambilan sampel “simple random sampling” dan terpilih dua kelas yaitu kelas X TAV 1 sebagai kelas kontrol yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung dan kelas X TAV 3 sebagai kelas eksperimen yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran group investigation. Hasil penelitian ini menunjukan teknik analisis data dengan menggunakan uji-t, diperoleh bahwa thitung = 4,6 lebih besar daripada nilai ttabel = 2,002 untuk taraf signifikansi a =0,05 maka diperoleh adanya perbedaan pengaruh hasil belajar elektronika dasar dalam kompetensi dasar (1) Menjelaskan diode Zener,LED,Varaktor, Schottky, dan Tunnel pada rangkaian elektronika, (2) Menjelaskan Bipolar Junction Transistor sebagai penguat tunggal satu tingkat sinyal kecil. (3) Menjelaskan transistor sebagai penguat sinyal kecil, yang belajar menggunakan model pembelajaran group investigation dengan kelas yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung, dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 79,17 dan kelas kontrol 66,25. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran group Investigation terhadap hasil belajar eletronika dasar pada peserta didik di SMK Negeri 5 Jakarta. This study aims to determine influence learning model on learning result of electronic basic in SMK Negeri 5 Jakarta. Learning model that is less conducive and always centered on the teacher becomes one factor in the lack of electronics basic student learning result, in an effort to improve student learning result, researcher apply cooperative learning model of group investigation that is expected to build up his own knowledge and improve the learning result of students. This study using quasi experiment method with “Post-Test Only Control Group Design”. Population in this study were all students class X majoring in Audio-Video Technique (TAV) SMK Negeri 5 Jakarta. Samples taken two classes, using simple random method, and elected two classes: Class X TAV 1 as the control class who studied with direct instruction learning model and X TAV 3 as the experiment class who studied with group investigation learning model. This study has shown data analysis techniques using t-test was obtained t-count = 4,6 > t-table = 2,002 (α = 0,05) then obtained the difference influence learning result electronic basic with the basic competence (1) To explain diode zener, LED, Varaktor, Schottky, and tunnel on an electronic circuit, (2) To explain single amplifier Bipolar Junction transistor as small signal, (3) To explain transistor as a small signal amplifier, who studied with group investigation learning model with class who studied with direct instruction learning model, the average value class with average posttest experiment class is 79,17 and average posttest control class is 66,25. It can be concluded that there are significant influence learning model on learning result of basic electronic in SMK Negeri 5 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ir. Rusmono, M.Pd 2) Dr. Moch. Sukardjo, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Apr 2022 02:43
Last Modified: 24 Apr 2022 02:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27648

Actions (login required)

View Item View Item