MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI LEARNING CYCLE (5E) PADA SISWA KELAS V SDN MAMPANG PRAPATAN05 JAKARTA SELATAN (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Mampang Prapatan 05 Jakarta Selatan)

Nuria Gultom, . (2018) MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI LEARNING CYCLE (5E) PADA SISWA KELAS V SDN MAMPANG PRAPATAN05 JAKARTA SELATAN (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Mampang Prapatan 05 Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (84kB)
[img] Text
Daftar Isi, Tabel, Grafik dan Lampiran.pdf

Download (104kB)
[img] Text
Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (408kB)
[img] Text
Surat Keterangan Dari Sekolah.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep pada pembelajaran IPA melalui model learning cycle (5E) pada siswa kelas V SDN Mampang Prapatan 05 Jakarta Selatan, yang berlokasi di jalan Kapten Tendean Gang Kamboja No.44 RT.003 RW.02 Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A SD yang berjumlah 29 orang. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada semester II, tahun ajaran 2017/2018, yakni pada bulan April 2018. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Dimana dalam pelaksanaanya terdapat empat tahapan prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes pemahaman konsep IPA dan instrumen pemantauan tindakan model learning cycle (5E). Hasil penelitian dengan menerapkan model learning cycle (5E) dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas V. Pada siklus I 48,27% siswa mencapai KKM dan siklus II 82,75% siswa mencapai KKM. Adapun hasil pemantau tindakan dalam pembelajaran dengan menggunakan model learning cycle (5E) pada siklus I mencapai 78,33% dan siklus II meningkat mencapai 91,66%. Dengan demikian pembelajaran melalui model learning cycle (5E) dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA pada materi Gaya. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model learning cycle 5E dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa di kelas V SDN Mampang Prapatan 05 Jakarta Selatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Budiman Rajagukguk, M.Pd 2) Dra. Evita Adnan, M.Psi
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Jan 2020 10:37
Last Modified: 14 Jan 2020 10:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2767

Actions (login required)

View Item View Item