FUNGSI ANGKLUNG GUBRAG PADA UPACARA ADAT SEREN TAUN DI KAMPUNG BUDAYA SINDANGBARANG, DESA PASIR EURIH KECAMATAN TAMANSARI, BOGOR

ZAKIYAH MUNAWIROH, . (2017) FUNGSI ANGKLUNG GUBRAG PADA UPACARA ADAT SEREN TAUN DI KAMPUNG BUDAYA SINDANGBARANG, DESA PASIR EURIH KECAMATAN TAMANSARI, BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ZAKIYAH MUNAWIROH.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengumpulkan dan mendapatkan gambaran mengenai fungsi dari alat musik angklung gubrag pada saat perayaan upacara adat seren taun di Kampung Budaya Sindangbarang, Bogor. Penelitian ini telah dilaksanakan di Kampung Budaya Sindangbarang dari bulan Juli sampai bulan Desember 2016 dengan subyek penelitiannya adalah alat musik tradisional angklung gubrag. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian/pemaparan data dan penarikan kesimpulan, selanjutnya melakukan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi dengan sumber data. Hasil penelitian bahwa fungsi utama dari angklung gubrag ini adalah sebagai sarana ritual yaitu ketika ritual ngembang, ngala cikulu, sedekah kue dan puncak acara seren taun. Selain itu angklung gubrag juga berfungsi sebagai iringan dan juga sebagai sarana hiburan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Gandung Joko Srimoko, M.Sn. 2). Dr. Dian Herdiati, M.Pd.
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:16
Last Modified: 25 Apr 2022 01:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27676

Actions (login required)

View Item View Item