Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X TAV di SMKN 5 Jakarta

Egi Destriana, . (2018) Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X TAV di SMKN 5 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
NASKAH SKRIPSI_Egi Destriana_5215131530_Skripsi 107.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhmodel pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar dasar listrik dan elektronika di SMKN 5 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metodePre-Experimental Designdengan desain penelitian “One Group Pretest Posttest”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X Jurusan Teknik Audio Video (TAV) SMKN 5 Jakarta tahun ajaran 2017/2018. Sampel yang diambil sebanyak 1 kelas yaitu kelas X TAV 2 sebagai kelas eksperimen yang belajar menggunakanmodel pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 30 soal dengan lima pilihan jawaban. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t, diperoleh bahwa thitung>ttabel (24,805 >2,042), pada taraf signifikansi α = 0,05 dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran CTL di hitung menggunakan effect size dengan hasil 2,8. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar dasar listrik dan elektronika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Moch. Sukardjo,M.Pd 2) Drs. Mufti Ma’sum, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 16 Oct 2019 11:03
Last Modified: 16 Oct 2019 11:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/277

Actions (login required)

View Item View Item