PENGARUH METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS VII SMP KELUARGA WIDURI

WORO LINGGAR PANGESTI, . (2017) PENGARUH METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS VII SMP KELUARGA WIDURI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Woro Linggar Pangesti.pdf

Download (21MB)

Abstract

Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Student Facilitator and Explaining terhadap Kemampuan Menulis Teks Hasil Observasi siswa SMP kelas VII. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Keluarga Widuri pada semester ganjil tahun ajaran 2016-2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen desain control group pretest posttest design. Populasi penelitia ini adalah seluruh siswa yang tercatat sebagai kelas VII SMP Keluarga Widuri Jakarta. Pengambilan sampel dilakukan secara acak atau random sampling. Jumlah sampel 60 orang siswa. Desain rincian kelas eksperimen berjumlah 30 orang siswa dan kelas kontrol berjumlah 30 orang siswa. Jumlah siswa yang mencapai batas lulus (KKM) yaitu 70 sebanyak 70,0% , sedangkan siswa yang tidak mencapai batas lulus (KKM) sebanyak 30,0%. Uji persyaratan analisis data dilakukan dengan uji normalitas Liliefors, diperoleh Lo maksimal untuk kelas eksperimen sebesar 0,099 pada pretest dan 0, 139 pada posttest, sedangkan L tabel pada signifikasi α= 0,05 dengan dk = 30 adalah sebesar 0,161 L hitung < L tabel. Maka sampel berdistribusi normal. Untuk kelas kontrol diperoleh Lo maksimal sebesar 0,090 pada pretest dan 0,092 pada posttest. Hasil uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh F hitung sebesar 1,811 dan F tabel 2,423 memiliki data yang homogen. Hasil analiss data dengan uji-t diperoleh tthitung sebesar 4,778 , sedangkan ttabel sebesar 2,001 dengan taraf nyata 0,05 pada dk= 60 untuk uji dua pihak. Oelh karena itu tthitung menunjukan bahwa thitung > ttabel, maka hipotesis diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh penggunakan metode Student Facilitator and Explaining terhadap kemampuan menulis teks hasil observasi siswa kelas VII SMP Keluarga Widuri Jakarta. Berdasarkan hasil di atas, metode Student Facilitator and Explaining dapat dijadikan metode alternatif yang baik untuk pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi. Dengan metode Student Facilitator and Explaing, sebaiknya guru mengadakan tes untuk mengetahui secara pasti gaya belajar yang dimiliki masingmasing siswa. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu metode yang dapat digunakan oleh guru pada pembelajaran menulis teks hasl observasi. This research aims to discover the impact of Student Facilitator and Explaining Method on the Ability of Writing Report on Observation Results of VII grade students. This research is conducted at the Keluarga Widuri Junior High School in the first semester of 2016-2017 academic year. The method used is experimental design control group pretest posttest design. The subject population is the entire students enrolled in the VII grade of Keluarga Widuri Junior High School, Jakarta. Sampling is done randomly (random sampling) with the number of 60 students. Detailed research design is experimental class of 30 students and control class of 30 students. There are 70% students who passed the Minimum Learning Mastery Standard for 70, while the remaining 30% did not pass. Data requirement test is conducted using Lilliefors normality test. A maximum Lo for the experimental class is 0.999 during pretest and 0.139 during posttest, while the L table in the significance level of α= 0,05 dengan dk = 30 is 0.161 calculated L value < tabulated L value. Therefore, the sample is normally distributed. As for the control class, the Lo obtained is 0.090 during pretest and 0.092 during posttest. Test of homogeneity using Exact Fisher Test obtained the calculated F value of 1.811 and tabulated F value of 2.423, resulting in homogenous data. Data analysis with t-test results in calculated t-value of 4.778, while the tabulated t-value is 2.001 with the significance of 0.05 and dk = 60 for two-taled test. The calculated t-value shows that calculated t value > tabulated t value. Accordingly, the hypothesis is accepted. Therefore, there is indeed an impact of the use of Student Facilitator and Explaining Method on the Ability of Writing Report on Observation Results of VII grade student. Based on the aforementioned results, the Student Facilitator and Explaining Method could be used as a proper alternative method for learning activity of writing report on observation results. Using the Student Facilitator and Explaining Method, teachers should conduct a test to find out exactly the learning styles of each student. It is expected that this research could be one of the methods for teachers to use in the learning of writing report on observation results.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd. 2). Dra. Suhertuti, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 Apr 2022 02:32
Last Modified: 25 Apr 2022 02:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27726

Actions (login required)

View Item View Item