UPAYA MENINGKATKAN GERAK DASAR MELALUI PERMAINAN BOLA BESAR WALL BALL, PADA ANAK USIA 10 – 12 TAHUN KELAS V SD AL – AZHAR KELAPA GADING JAKARTA

SAIFUL AKBAR, . (2015) UPAYA MENINGKATKAN GERAK DASAR MELALUI PERMAINAN BOLA BESAR WALL BALL, PADA ANAK USIA 10 – 12 TAHUN KELAS V SD AL – AZHAR KELAPA GADING JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian, 1) Menghasilkan bentuk pengembangan model pembelajaran Bola Besar melalui permainan pada anak usia 10 – 12 tahun, siswa Sekolah Dasar (SD) Al – Azhar Kelapa Gading, sehingga dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa 2) Memperoleh informasi secara mendalam tentang pelaksanaan model pembelajaran gerak dasar dengan model pendekatan bermain di SD Al - Azhar Kelapa Gading Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan. Pada penelitian ini, peran peneliti adalah sebagai instrumen kunci, meneliti dan terlibat langsung dalam keseluruhan proses penelitian, mulai dari kegiatan pra observasi, perncanaan, sampai pada tahap refleksi dalam setiap siklus. Selain itu, peneliti bertindak sebagai perencana, pengamat, pengolah, dan penganalisis data, maka untuk membuktikan objektivitas penelitian maka dokumen-dokumen seperti silabus, hasil-hasil tindakan (treatment) serta tes perlu dilampirkan. Metode penelitian yang digunakan setelah kualitatif dan kuantitatif dan bersifat parisipasif, kualitatif menjelaskan peristiwa yang dilakukan dalam penelitian ini sehingga mendapat gambaran dan penjelasan yang lengkap dalam pelaksanaan penelitian tindakan. Kuantitatif digunakan untuk menganalisa data hasil proses ii belajar mengajar atau membandingkan nilai siswa sebelum dan sesudah penelitian tindakan dilakukan. Nilai ini akan diuji kebenarannya melalui metode tersebut untuk melihat seberapa besar signifikannya nilai sebelum dan sesudah dilakukan. Hasil Penelitian, siklus I siswa yang mempunyai nilai yang sudah mencapai kentuntasan belajar yang menjadi patokan dalam meningkatkan gerak dasar jalan, lari, lompat dan lempar baru 1 orang siswa yang berjumlah 71, sebagian besar siswa rata – rata mencapai nilai 60 – 62 dan yang terendah pada tes hasil belajar ini adalah 2 orang siswa yaitu 55 – 67. Hasil penelitian Siklus II dari 22 siswa yang ada di kelas V sudah mencapai rata – rata 75 % keberhasilan. 4 orang siswa mendapat nilai 71 sesuai dengan ketuntasan dan 4 orang lainnya sudah sangat dikatakan baik karena nilai yang diperoleh 80 - 82 dan selebihnya 14 orang lainnya telah melebihi standar ketuntasan belajar yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Mulyana, M.Pd. ; 2). Hermanto, M.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:49
Last Modified: 26 Apr 2022 03:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27728

Actions (login required)

View Item View Item