AFIFUL HAJIROH, . (2017) PENGARUH TEKNIK BERCERITA BERPASANGAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS VII. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI.pdf Download (33MB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (73kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Teknik Bercerita Berpasangan terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII di MTsN 22 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2016. Metode Penelitian ini adalah eksperimen dengan desain Randomized control group pretest-posttest design. Jumlah sampel penelitian ini 40 siswa. Dilakukan uji persyaratan analisis data sampel yaitu uji normalitas digunakan uji liliefors. Dari hasil perhitungan kelas kontrol diperoleh = 0,04, sedangkan = 0,19. Pada kelas eksperimen = 0,08, sedangkan = 0,19 dengan taraf signifikan (α) 0,05. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa data sampel baik kelas kontrol maupun kelas eksperimen berdistribusi normal karena < untuk uji homogenitas, digunakan uji fisher, diperoleh hasil yang didapatkan adalah 1,16 dengan nilai dk sebesar 19. dengan taraf (α) = 0,05 = 4,38 dan dengan taraf (α) = 0,05=1,16. Maka didapatkan kesimpulan bahwa < , maka didapatkan keputusan bahwa sampel berasal dari varians yang homogen. Selanjutnya data analisis dengan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh = 2,09 dan =1,72 dengan dk 19 dan taraf signifikan (α) 0,05. Oleh karena itu > , maka hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh teknik bercerita berpasangan terhadap keterampilan menulis teks cerpen kelas VII.Penelitian ini berimplikasi pada teks lain selain teks cerpen, yaitu teks fabel, teks biografi, teks laporan hasil observasi, teks eksplanasi, teks tanggapan deskriptif dan teks eksposisi di kelas VII.Penelitian ini menyarankan, padasaat teknik bercerita berpasangan ini diterapkan, guru dapat menyiasati hal-hal yang tidak terduga agar pembelajaran dapat berjalan secara kondusif. This study aims to determine the effect of Storytelling Techniques Paired against Text Short Story Writing Skills Student Class VII in MTsN 22 Jakarta. This study was conducted in May 2016. The research method was experimental design randomized control group pretest-posttest design. Number of samples of this study 40 students. Test requirements analysis sample data that is used by test Liliefors normality test. From the calculation results obtained control class L_Hitung = 0.04, while L_Tabel = 0.19. The experimental class L_Hitung = 0.08, while L_Tabel = 0.19 with significance level (α) 0.05. Thus, it can be deduced that the sample data both the control and the experimental class class normal distribution because L_Hitung <L_Tabel to homogeneity, fisher test was used, the results obtained F_Hitung obtained was 1.16 with a value of 19. dk F_Tabel with level (α) = 0.05 = 4.38 and F_Hitung with level (α) = 0.05 = 1.16. Thus it was concluded that F_Hitung <F_Tabel, then obtained a decision that the samples come from a homogeneous variance. Further analysis of the data to test the hypothesis by using t-test is obtained and t_tabel t_hitung = 2.09 = 1.72 with 19 hp and a significant level (α) 0.05. Therefore t_hitung> t_tabel, the research hypothesis is accepted. Thus there are significant pairwise storytelling techniques to text short story writing skills class VII. This research has implications for the other text in addition to text stories, the fables text, text biographies, text reports on the results of observation, explanatory text, text comments and text descriptive exposition in class VII. This study suggests, when paired storytelling techniques are applied, the teacher can deal with things that are unexpected that can run a conducive learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) N. Lia Marliana, M.phil. 2) Dr. Suhertuti, M. Pd., |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 02:39 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 02:39 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27729 |
Actions (login required)
View Item |