TRI UTAMI PERMATASARI, . (2017) PERSEPSI CALON PENGANTIN WANITA PADA PEMAKAIAN NAIL ART TIGA DIMENSI SAAT PERNIKAHAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI FIX.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi calon pengantin wanita pada pemakaian nail art tiga dimensi saat pernikahan. Penelitian ini dilakukan pada responden yang akan menikah sebagai calon pengantin pada pemakaian nail art tiga dimensi saat pernikahan. Penelitian ini dilakukan di salon khusus nail art C’S Nail Academy, Princess Nail, dan Tokyo Nail Collection. Populasi dari penelitian ini adalah calon pengantin wanita yang akan menikah. Sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan responden sebanyak 30 orang. Kuesioner disusun berdasarkan aspek sikap, pengalaman, motivasi, keadaan seseorang berada atau berinteraksi, kebutuhan, kesiapan materi, dan memandang penampilan secara keseluruhan. Analisis data menggunakan analisis Chi-Square. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner atau angket dengan menggunakan skala likert dengan skor penilaian 4,3,2,1 pernyataan positif. 1,2,3,4, untuk pernyataan negatif yang berisi 28 butir pernyataan. Uji validitas instrumen dikonsultasikan pada r tabel kemudian diuji reliabilitasnya. Frekuensi dari persepsi calon pengantin wanita, didapat kategorisasi rendah dengan persentase 26,7% sedangkan pada kategorisasi tinggi dengan persentase 73,3%. Hasil uji Chi-Square pada bagian Asymp. Sig. (2-sided) sebesar 0,000 < 0,005, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, yang artinya “50% calon pengantin wanita mempunyai persepsi positif pada pemakaian nail art tiga dimensi”. Manfaat pada penelitian ini terbagi menjadi dua, bagi universitas yaitu mendapatkan masukan untuk mata kuliah manicure, pedicure dan nail art, sedangkan bagi pribadi mendapatkan wawasan atau pengetahuan tentang tentang nail art yang bisa juga digunakan saat acara pernikahan agar tambah lebih cantik. This study aims to determine the bride perception of nail art three dimension on the wedding. This research was conducted on the respondents who will marry as a bride on the use of three-dimensional nail art at the wedding. The research was conducted in a special salon nail art C'S Nail Academy, Princess Nail, and Tokyo Nail Collection. The population of this research is the perception of bride who will marry. The research sample using purposive sampling method by respondents as many as 30 people. The questionnaires was prepared based on attitude aspects, experiences, motivations, the state of person or interacting, needs, material readiness, and the overall appearance looking. Analyzed using Chi-Square. The data collection was done by using a questionnaire or questionnaire by using likert scale with score score 4,3,2,1 positive statement. 1,2,3,4, for a negative statement contain 28 questions. Test the validity of the instrument consulted at r table then tested reliability. Frequency of perception bride candidate, lower categorization obtained categorization with a percentage of 26,7% while the categorization of high percentage 73,3%. Chi-Square test results on Asymp. Sig. (2-sided) of 0.000 <0.005, it can be concluded that Ho is rejected, which means " 50% of bride candidates have positive perceptions use of three-dimensional nail art". The Benefits of this research is divided into two, for the university is getting input for the course of manicure, pedicure and nail art, for personal gain insight or knowledge about the nail art that can be used on the wedding to make more beautiful.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Mari Okatini, M.KM 2) Dr. Dwi Atmanto, M.Si |
Subjects: | Tata Rias > Tata Rias (Makeup) |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 02:33 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 02:33 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27730 |
Actions (login required)
View Item |