Representasi Calon Pemilihan Gubernur dalam Periode Kampanye Kedua 2017 di Jakarta Post

WITA ADI PUSPITASARI, . (2017) Representasi Calon Pemilihan Gubernur dalam Periode Kampanye Kedua 2017 di Jakarta Post. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN WITA ADI PUSPITASARI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana para calon pemilihan gubernur direpresentasikan dalam koran daring Jakarta Post dengan menggunakan analisis transitifiti menurut paham M.A.K Halliday. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis konten. Sumber data penelitian ini adalah daring artikel koran Jakarta Post terkait dengan berita pemilihan gubernur khususnya di periode kampanye kedua yang diterbitkan dari 7 Maret sampai 15 April diambil enam artikel pilihan. Hasil menunjukan relational proses sebagai proses yang paling banyak ditemukan di dalam ke-enam artikel tersebut dengan kandidat pertama direpresentasikan sebagai kandidat yang memiliki beberapa kasus sosial dan juga mengandalkan media sosial sebagai alat untuk menarik pemilih di dalam masa kampanye kedua. Sebagai tambahan, kandidat pertama juga direpresentasikan dengan menggunakan istilah seperti gubernur berlidah tajam dan gubernur yang siap tempur. Sedangkan, kandidat kedua direpresentasikan sebagai kandidat yang mengandalkan profil sebagai muslim untuk menarik pemilih khususnya pemilih yang beragama Islam. This research is aimed to identify how the governor’s election candidates are represented in The Jakarta Post online newspaper by using the transitivity analysis of M.A.K Halliday. This study uses a qualitative approach and content analysis. The data source of this research is newspaper online articles of The Jakarta Post regarding governor election issues in the second campaign period published from 7th March until 15th April 2017 which were taken six selected articles. The result showed relational process as a dominant process in these articles represents the candidate one as a candidate who has involved in several social cases and relies on social media to attract voters in the second campaign period. In addition, the candidate one is represented uses terms such as the sharp-tongued and embattled governor. Meanwhile, the candidate two is represented as a candidate who relies on his profile as a Muslim figure to attract voter especially Muslim voters.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Siti Drivoka Sulistyaningrum, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 Apr 2022 02:38
Last Modified: 25 Apr 2022 02:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27732

Actions (login required)

View Item View Item