PENGARUH TRAIT KEPRIBADIAN BIG FIVE TERHADAP KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

LAZHURA TIARA IMANI, . (2017) PENGARUH TRAIT KEPRIBADIAN BIG FIVE TERHADAP KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI, LAZHURA, 1125130055.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari trait kepribadian big five terhadap kesejahteraan psikologis guru Sekolah Menengah Pertama di Jakarta Pusat. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kesejahteraan psikologis, dan variabel independen nya adalah trait kepribadian big five. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner. Skala kesejahteraan psikologis diadaptasi dari Ryff’s Scale Of Psychological Well-Being (Ryff, 1989). Skala trait kepribadian big five diadaptasi dari jurnal milik Neila Ramdhani (2012). Responden dalam penelitian ini berjumlah 91 orang guru yang bertugas di sekolah-sekolah di daerah Jakarta Pusat. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi dengan bantuan software SPSS 20.0. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara dimensi agreeableness dan neuroticism terhadap kesejahteraan psikologis guru SMP. Dimensi openness to experience, conscientiousness, dan extraversion tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesejahteraan psikologis guru SMP di Jakarta Pusa The purpose of this paper is to examine the influence of the Big-Five personality (BFP) dimensions on psychological wellbeing of Junior high school’s teacher in central Jakarta. The dependent variable of this research is psychological wellbeing and the independent variable is the Big-Five personality dimensions. Quantitative methode was used in this research by using a questionnaire. Ryff’s Scale Of Psychological WellBeing (Ryff, 1989) was adapted to measure psychological wellbeing while the Big-Five personality dimension measured by adapting Neila Ramdhani’s scale of Big Five personality (2012). A total of 91 teachers in junior high school in central Jakarta participated in this research. The sampling method in this research is cluster random sampling. Hypothesis tested using SPSS 20.0 program with analysis regression. The results show that agreeableness and neuroticism has significant influence on psychological wellbeing of junior high school’s teacher in central Jakarta. Although, openness to experience, conscientiosness, and extraversion dimension don’t have significant factor influencing the psychological wellbeing

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Deasyanti, Ph.D 2) Dr. Lussy Dwiutami Wahyuni
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 Apr 2022 02:50
Last Modified: 25 Apr 2022 02:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27739

Actions (login required)

View Item View Item