PENGARUH MODEL BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 BOGOR

AGATHA DEVI RETNO, . (2017) PENGARUH MODEL BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Agatha Devi Retno.pdf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning terhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas XI SMAN 8 Bogor. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kelompok kontrol non-ekivalen yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Bentuk eksperimen yang digunakan adalah model Brain Based Learning dengan melakukan pretest sebelum diberi perlakuan pada kelas eksperimen dan kontrol. Kemudian, kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model Brain Based Learning, sedangkan pada kelas kontrol tidak diberikan perlakuan, hanya mendapatkan materi dengan metode konvensional dari guru Bahasa Indonesia. Penelitian ini hanya difokuskan pada kemampuan menulis teks ulasan. Hasil analisis diketahui setelah melakukan uji validitas dan reliabilitas saat siswa telah diberikan perlakuan dengan model Brain Based Learning. Hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung= 3,772 dan ttabel = 1,85 dalam taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian, terdapat pengaruh model Brain Based Learning terhadap kemampuan menulis teks ulasan pada siswa kelas XI di SMAN 8 Bogor karena thitung lebih besar dari ttabel. Berdasarkan hasil uji analisis terhadap sampel dari kedua kelas menunjukkan bahwa sampel berdistribusi normal. Hal ini ditandai dengan diperolehnya Lo = 0,114 < Lt = 0,73 pada kelas eksperimen dan Lo = 0,119 < Lt = 0,161 pada kelas kontrol dengan taraf signifikansi pada kedua kelas α = 0,05. Selain itu, pada uji homogenitas menunjukkan bahwa kedua data memiliki varian data yang sama atau homogen. Hal ini ditandai dengan diperolehnya X2hitung (3,772) < X2tabel(1,85) dengan derajat kebebasan 58. Penelitian ini dapat diimplikasikan sebagai pembelajaran pada materi teks eksplanasi kompleks dengan membangun konteks pembelajaran sebelum siswa benar-benar mengikuti pembelajaran. Selain itu, guru perlu menampilkan contoh-contoh objek pembahasan yang sesuai dengan kehidupan siswa. Untuk menciptakan keingintahuan, dan kesenangan, guru perlu menghubungkan siswa dengan materi sehingga mereka merasa dihubungkan dengan pembelajaran. The purpose of this research to know to determine of Brain Based Learning model on the ability to write text reviews of students class XI SMAN 8 Bogor. This research is belonging into experiment research. A design wich used in this research was design of the control class non ekivalen involving two classes, there are experiment and control class. Experiments form used is Brain Based Learning model by doing pretest before given treatments on experiment class and control class. Then a class experiment given treatment by Brain Based Learning model while in class control not treated, have only matter with the conventional of teacher Indonesian language. The pursuit of this only focused on the ability of text reviews. The analysis is known after validity and reliability when students given treatment by Brain Based Learning model. Test-t suggest that t arithmetic 23,772 and ttabel is 1,85 on standard significance is 0,05. Thus, the Brain Based Learning model based on ability to write the text reviews on the class XI SMAN 8 Bogor because t arithmetic big more than ttabel (1,85) by 58 fegree of reedom. This research can be implication on learning explanation complects text previously students really follow learning. In addition, teachers need to display of material learned and examples object the outline in accordance with reality. To created curiosity students, teachers need to connecting students with matter and than they feel connected to learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Fathiaty Murtadho, MPd 2) Edi Puryanto, MPd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 Apr 2022 02:43
Last Modified: 25 Apr 2022 02:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27742

Actions (login required)

View Item View Item