SIFAT BATIN PEMURUNG (TEMPÉRAMENT MÉLANCOLIQUE) PADA TOKOH THÉRÈSE DALAM ROMAN THÉRÈSE RAQUIN KARYA ÉMILE ZOLA

ANISA FAJAR IRIANZA, . (2015) SIFAT BATIN PEMURUNG (TEMPÉRAMENT MÉLANCOLIQUE) PADA TOKOH THÉRÈSE DALAM ROMAN THÉRÈSE RAQUIN KARYA ÉMILE ZOLA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (270kB)
[img] Text
SKRIPSI Sifat Batin Pemurung (Temperament Melancolique) pada Tokoh Therese dalam Roman Therese Raquin Karya Emile Zola.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik temperamen melankolis pada tokoh Thérèse dalam roman Thérèse Raquin karya Émile Zola. Karakteristik tersebut dibagi menjadi dua kategori yaitu berdasarkan kekuatannya (forces) dan kelemahannya (faiblesses). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan metode analisis isi. Penelitian ini menggunakan kajian struktural yang diawali dengan menganalisis unsur-unsur intrinsik pada roman berupa alur, penokohan, dan latar. Prosedur penelitian ini adalah membuat tabel analisis data temperamen melankolis yang mengelompokkan karakteristik-karakteristiknya ke dalam dua kategori, forces dan faiblesses. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa kalimat-kalimat yang menunjukkan berbagai macam ujaran, tingkah laku, dan gambaran perasaan Thérèse merupakan karakteristik temperamen melankolis yang dikategorikan ke kelompok kekuatan (forces) dan kelemahannya (faiblesses) menurut Littauer. Kategori kekuatan (forces) ada 8 karakteristik, yaitu: profond, attentionné, sérieux, génie et grande intelligence, sensible aux autres, soigné et ordonné, éviter d’attirer à l’attention, dan attentif aux détails. Kategori kelemahan (faiblesses) 10 karakteristik, yaitu: porté à la dépression, posséder une humeur changeante, manquer de confiance, égoïste, renfermé et distant, introverti, anxieux, dan hésitant. Dari jumlah karakteristik temperamen melankolis yang diperlihatkan, kategori faiblesses lebih banyak daripada kategori forces, khususnya pada karakteristik porté à la dépression. Temuan penelitian diharapkan dapat menambah pengetahuan mengenai kesusastraan Prancis khususnya dari segi psikologis pada tokoh. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai temperamen mahasiswa khususnya temperamen melankolis yang mungkin terjadi pada diri mahasiswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sulandri Nuryadin, M.Pd. ; 2). Subur Ismail, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 09 May 2022 02:25
Last Modified: 09 May 2022 02:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27743

Actions (login required)

View Item View Item