PENGARUH KONSEP DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA SMA JURUSAN ILMU-ILMU SOSIAL (IIS) DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN PASAR REBO JAKARTA TIMUR

AIMMATUL KHOIRIYAH, . (2014) PENGARUH KONSEP DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA SMA JURUSAN ILMU-ILMU SOSIAL (IIS) DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN PASAR REBO JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep diri, kemandirian belajar, prestasi belajar, dan menguji ada atau tidaknya pengaruh positif konsep diri terhadap prestasi belajar siswa, kemandirian terhadap prestasi belajar siswa, dan konsep diri dan kemandirian secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kausalitas dan dokumentasi. Pengamatan terhadap siswa dilakukan melalui kegiatan observasi awal dan wawancara guru. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, wawancara dan kuesioner. Sedangkan metode analisis data menggunakan uji regresi, uji persyaratan, uji hipotesis dan uji asumsi klasik. Penelitian ini dilakukan kepada 186 siswa sebagai sample. Sebelum digunakan, kuesioner diujicobakan terlebih dahulu kepada 30 siswa IPA yang mengikuti lintas minat mata pelajaran ekonomi. Berdasarkan hasil ujicoba tersebut diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,813 untuk konsep diri dan 0,776 untuk kemandirian belajar, hal ini berarti bahwa instrument yang digunakan dalam penelitian ini sangat reliabel. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: (a) Secara keseluruhan konsep diri yang dimiliki siswa termasuk dalam kategori konsep diri negatif, (b) Kemandirian belajar siswa secara keseluruhan termasuk dalam kategori cukup baik, dan (c) Prestasi belajar siswa termasuk dalam kategori rendah karena prestasi siswa yang dicapai mayoritas berada di bawah standar KKM yang ditentukan oleh masing-masing sekolah. Kemudian didapat persamaan regresi yaitu Ŷ= -34,768+ 1,062 X1 + 0,178X2. Berdasarkan uji regresi ganda menunjukkan bahwa konsep diri dan kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa baik secara simultan maupun parsial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Endang Sri Rahayu, M.Pd. ; 2). Ari Saptono, SE, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 14 Jan 2020 12:17
Last Modified: 14 Jan 2020 12:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2775

Actions (login required)

View Item View Item