TONY DEWANTORO, . (2017) KARAKTERISTIK DAYA DAN TORSI MESIN 2 LANGKAH DENGAN SISTEM BAHAN BAKAR DIRECT INJECTION 110 CC. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI TONY.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja (daya dan torsi puncak) mesin 2 langkah direct injection dengan memvariasi sudut durasi injeksi dan tekanan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar dengan timing injeksi tetap 85o sebelum TMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental. Maka pengujian pada mesin motor dua langkah dengan sistem bahan bakar injeksi ini dilakukan dengan mengatur sudut durasi injeksi bahan bakar yang bervariasi yaitu di 45o , 55o , dan 65o . Adapun beberapa alat yang digunakan untuk pengambilan data adalah, tangki bahan bakar bertekanan pada variasi tekanan 6 bar, 7 bar, dan 8 bar. Tachometer digunakan untuk mengetahui putaran mesin dan prony brake sebagai beban untuk mesin uji dalam mengukur performa mesinnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa daya dan daya dan torsi maksimal pada mesin 2 langkah direct injection adalah 6,76 Kw pada putaran mesin 1940 RPM dengan torsi 33,30 Nm. Berdasarkan grafik perbandingan daya dan torsi yang di pengaruhi veriasi durasi injeksi dan tekanan bahan bakar dapat di simpulkan sudut durasi dan tekanan bahan bakar yang paling optimal iyalah pada sudut 65o dan tekanan bahan bakar 8 bar dengan sudut timing injeksi 85o sebelum TMA.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Darwin Rio Budi Syaka, M.T 2) I Wayan Sugita, ST, MT |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 02:48 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 02:48 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27751 |
Actions (login required)
View Item |