DWI WAHYU NINGRUM, . (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI YANG MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) DAN METODE PEMBELAJARAN PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
skripsi-compressed.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika siswa yang diajar menggunakan metode peta pikiran (mind mapping) dan siswa yang diajar dengan metode peta konsep (concept mapping). Penelitian dilakukan pada siswa SMAN 30 Jakarta tahun ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi-eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Comparison Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan populasi target yaitu seluruh siswa SMAN 30 Jakarta, populasi terjangkau yaitu seluruh siswa kelas XI-MIA, dan sampel yaitu kelas XI-MIA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI-MIA 2 sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu soal pilihan ganda berjumlah 25 soal, dimana tes dilakukan pada kelas eksperimen 1 (kelas yang diajar menggunakan metode peta pikiran) dan kelas eksperimen 2 (kelas yang diajar menggunakan metode peta konsep). Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas liliefors dengan Lo(0,0924) < Ltabel(0,1477) untuk kelas eksperimen 1 dan Lo(0,1311) < Ltabel(0,1497) untuk kelas eksperimen 2, hal tersebut menunjukan populasi berdistribusi normal. Uji homogenitas data untuk α=5% dan df1=34; df2=35 diperoleh Fhitung (1,489) Ftabel(1,76), hal tersebut menunjukkan bahwa data bersifat homogen. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji t dengan rumus pooled varian. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh thitung=2,35>ttabel=1,667 pada taraf nyata = 0,05 dan dk= 36+35-2= 69. Karena thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika siswa yang menggunakan metode peta pikiran (mind mapping) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan metode peta konsep (concept mapping). ********** The purpose of this research is to know the different of physics’s learning outcomes of students using mind mapping learning method and concept mapping learning method. The research is conducted in SMAN 30 Jakarta school year 2014/2015. The method used in this research is quacy experiment with Posttest Only Comparison Group Design. The sampling technique used purposive sampling with the target population are all students in SMAN 30 Jakarta, affordable population are all of students in grade 11, mathematics and natural sciences department (XI-MIA), and the sample are XI-MIA1 as experiment class1 and XI-MIA 2 as experiment class 2. The instrument of this research is multiple choice formed with 25 questionare, where tests were performed on experiment class 1 (class are taught using mind map method) and experiment class 2 (class are taught using concept map method). Requirement test uses normality test with Liliefors since Lo(0,0924) < Ltable(0,1477) on experiment class 1 and Lo(0,1311)<Ltable(0,1497) on experiment class 2, that shown population is distributed normal. On homogenity test for α=5% and df1= 34; df 2= 35 obtained Fcount (1,489) Ftable(1,76), therefore the data obtained are homogeneous. Data of the result in this research is analized using t-test with pooled varian formula. Based on hypothesis test, shown that tcount (2,35) and ttable (1,667) at significance level α=5% with dk= 36+35-2= 69. Because of tcount > ttable, then H0 is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that that physics’s leraning outcomes on mind map learning method higher than the results of physics’s learning outcomes on concept map learning method.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Siswoyo, M.Pd. ; 2). Drs. Cecep E. Rustana. |
Subjects: | Sains > Fisika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Users 8922 not found. |
Date Deposited: | 10 May 2022 02:06 |
Last Modified: | 10 May 2022 02:06 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27771 |
Actions (login required)
View Item |