EVALUASI PELAKSANAAN PELATIHAN DASAR PLC (PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER) BAGI MAHASISWA TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

TAUFIK DARMAWAN, . (2017) EVALUASI PELAKSANAAN PELATIHAN DASAR PLC (PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER) BAGI MAHASISWA TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelengkapan yang dibutuhkan di dalam proses pelatihan, untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelatihan serta untuk mengetahui tingkat pengetahuan peserta pelatihan mengenai dasar pemrograman PLC (Programmable Logic Controller). Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Dalam penelitian ini mengunakan responden sebanyak 10 orang yang mengikuti pelatihan sebagai peserta, maka 10 peserta tersebut akan menjadi sampel penelitian. Metode pengumpulan data yang di gunakan yaitu dengan kuesioner, wawancara dan dokumentasi untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelatihan. Dari hasil penelitian, tingkat keberhasilan pada pelatihan ini adalah tinggi dengan persentase 80% yang terdiri dari 8 orang, kategori sedang dengan persentasi 20% yang terdiri dari 2 orang dan kategori rendah dengan persentasi 0%. Tingkat pengetahuan pada peserta pelatihan juga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebelum pelatihan 20 dan nilai rata-rata sesudah pelatihan 77,5. This study aims to determine the completeness required in the training process, to determine the success rate of training and to know the level of knowledge of training participants on the basic programming PLC (Programmable Logic Controller). This research is an evaluation research using CIPP evaluation model (Context, Input, Process, Product). In this study using respondents as many as 10 people who participated in the training as participants, then the 10 participants will be a sample of research. Methods of data collection in use is by questionnaires, interviews and documentation to determine the success rate of training. From the research result, the success rate in this training is high with the percentage of 80% consisting of 8 people, medium category with percentage of 20% consisting of 2 persons and low category with 0% percentage. The level of knowledge on the trainees also increased with the average score before training 20 and the mean score after training 77.5.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Ahmad Kholil, ST,. MT 2) Dra. Ratu Amalia, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 Apr 2022 03:15
Last Modified: 25 Apr 2022 03:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27789

Actions (login required)

View Item View Item