MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN METODE VAKT PADA SISWA TUNAGRAHITA SEDANG KELAS III

AGA NANDA MARYAMAL, . (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN METODE VAKT PADA SISWA TUNAGRAHITA SEDANG KELAS III. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI AGA NANDA MARYAMAL.pdf

Download (754kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis permulaan melalui penggunaan metode VAKT pada siswa tunagrahita sedang kelas III di SLB C Cempaka Putih. Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita sedang kelas III tunagrahita sedang di SLB C Cempaka Putih sebanyak 3 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, setiap siklus menggunakan prosedur tindakan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data dala penelitian ini menggunakan perhitungan belajar tuntas, yang menghasilkan peningkatan prosentase hasil belajar, peneliti telah menetapkan kriteria ketuntasan minimal 65% untk kemampuan menulis permulaan. Sebelum melakukan tindakan siklus I, peneliti mengadakan prates untuk memperoleh data awal. Data hasil prates untuk kemampuan menulis permulaan siswa memperoleh hasil di bawah 65%berarti masih di bawah ketuntasan minimal yang sudah ditentukan. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas pada siklus akhir 2 diperoleh data bahwa semua subjek peneliti telah memperoleh nilai tes antara 65% sampai 80% berarti telah memenuhi kriteria ketuntasan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa metode VAKT dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan bagi siswa tunagrahita sedang di SLB C Cempaka Putih Jakarta Pusat. ********* The purpose of this research is to increase the handwriting skills through VAKT method for moderate mental retardation students in grade III SLB C Cempaka Putih. The subjects were grade III mental retardation being in Cempaka Putih SLB C by 3 students. The method used in this study is action research. This study was conducted during the 2 cycles, each cycle using the action procedure action planning, action, observation, and reflection. Data analysis in this research used calculation completely, which results in an increase in the percentage of learning outcomes, researchers have established a minimum of 65% completeness criteria for handwriting skills. Before taking action the first cycle, researchers hold pre-test to obtain initial data. Data pre-test results for handwriting skills students acquire reading below 65% means still below the prescribed minimum completeness. After conducted at the end of the class the obtained data on all that test subject of the research had acquired 65% to 80% means it has met the criteria of completeness. The conclusion of the results of this research is that the VAKT method can improve handwriting skills for mental retardation was at the inception of the students, SLB Cempaka Putih of Central Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Irah Kasirah, M.Pd. ; 2). Hartini Nara, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 11 May 2022 00:35
Last Modified: 11 May 2022 00:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27791

Actions (login required)

View Item View Item