PERBANDINGAN JUMLAH ZAT ADITIF (OCTANE BOOSTER) DI BAHAN BAKAR TERHADAP DAYA DAN TORSI, SERTA EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR 150CC 4 TAK

SYARIF BUDI SETIAWAN, . (2017) PERBANDINGAN JUMLAH ZAT ADITIF (OCTANE BOOSTER) DI BAHAN BAKAR TERHADAP DAYA DAN TORSI, SERTA EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR 150CC 4 TAK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (914kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (949kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf

Download (87kB)
[img] Text
Halaman awal (2).pdf

Download (318kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (328kB)
[img]
Preview
Image
pernyataan.JPG

Download (773kB) | Preview
[img]
Preview
Image
lembar pengesahan.JPG

Download (776kB) | Preview
[img] Text
Riwayat Hidup.pdf

Download (19kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (36kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan sebagai acuan bagi mahasiswa dan masyarakat yang ingin mengetahui zat aditif manakah yang menghasilkan daya dan torsi yang maksimal serta emisi gas buang yang lebih baik diantara jenis zat aditif yang ada di pasaran Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan metode pengukuran, atau dengan kata lain yaitu (measuring) dengan tujuan untuk membuktikan dengan tepat setiap kondisi yang meragukan dapat di uji kembali. Data yang diperoleh akan di plotkan pada grafik, dan akan dijadikan acuan untuk mengetahui perbandingan pemakaian zat aditif terhadap Daya dan Torsi serta Emisi Gas Buang yang dihasilkan. Dengan penambahan zat aditif akan meningkatkan Daya dan Torsi serta memperbaiki proses pembakaran yang akan menurunkan kadar CO,CO2 dan HC. Hasil menunjukan bahwa Aditif ROB adalah yang paling rendah dalam meningkatkan daya dengan hasil 13,14 HP dan Aditif COB terbukti yang paling rendah dalam meningkatkan torsi dengan hasil 11,14 Nm dibandingkan dengan aditif lainnya. Aditif Sampel POB adalah yang paling tinggi dalam meningkatkan daya dengan hasil 13,31 dan Aditif BOB terbukti yang paling tinggi meningkatkan Torsi sebesar 11,23 Nm dibandingkan dengan aditif lainnya. Aditif SOB terbukti paling rendah dalam menurunkan kadar emisi CO 2,0% dari data standarnya 2,6%, Aditif BOB terbukti paling rendah menurunkan kadar emisi CO2 2,0% dan HC 0 ppm dari data standar CO2 5,3% dan HC 191 ppm. This study as a reference for students and people who want to know which of these additives produce maximum power and torque and exhaust emissions are better among the types of additives on the market Jakarta. The method used in this research is using a measurement method, or in other words that testing (measuring) with the aim of proving the dubious right of any condition can be re-examined. The data obtained will be in Plot on a graph, and will be used as a reference to compare the use of additives to the Torque and Power and Exhaust Emissions generated. With the addition of the additive will increase the power and torque as well as improve the combustion process that will reduce the levels of CO, CO2 and HC. The results showed that the additive ROB is the lowest increase in power with the results of HP and Additives COB 13-14 proved the most in improving the results of 11.14 Nm torque compared with other additives. Additive Samples POB is the highest increase in power with the result of 13.31 and additives BOB proved the highest increase of 11.23 Nm torque compared with other additives.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Adi Tri Tyassmadi,M.pd 2) Siska Titik Dwiyati, S.Si.,MT
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 Apr 2022 03:40
Last Modified: 25 Apr 2022 03:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27819

Actions (login required)

View Item View Item