HUBUNGAN ANTARA DAYA LEDAK (POWER) OTOT TUNGKAI DAN KELENTUKAN PINGGANG DENGAN KETERAMPILAN LONG PASS PADA SISWA USIA 15-16 TAHUN SSB MUTIARA CEMPAKA JAKARTA PUSAT

TUTUK INDRIATMOKO, . (2014) HUBUNGAN ANTARA DAYA LEDAK (POWER) OTOT TUNGKAI DAN KELENTUKAN PINGGANG DENGAN KETERAMPILAN LONG PASS PADA SISWA USIA 15-16 TAHUN SSB MUTIARA CEMPAKA JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi tutu.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara daya ledak (Power) otot tungkai dan kelentukkan pinggang dengan keterampilan Long Pass pada siswa usia 15-16 tahun SSB Mutiara Cempaka Jakarta Pusat. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Somatokinetika dan lapangan Arcici Jakarta Pusat. Metode yang digunakan adalah metode Survei dengan studi Korelasional. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah 30 orang siswa SSB Mutiara Cempaka Jakarta Pusat. Sedangkan untuk uji coba instrument long pass sebanyak 15 orang yang merupakan siswa SSB Monas Jakarta Pusat. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SSB Mutiara Cempaka Jakarta Pusat yang berjumlah 30 orang. Karena terbatasnya jumlah populasi, maka keseluruhan anggota populasi dijadikan sampel penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data yang di peroleh dengan cara mengukur dan mencatat hasil dari pengukuran yang terdiri dari Daya Ledak (Power) Otot Tungkai, Kelentukan Pinggang dan Long Pass. Pengambilan data Daya ledak otot tungkai menggunakan tes vertical jump sedangkan pengambilan data kelentukan pinggang menggunakan flexometer dan pengambilan data hasil tendangan Long Pass menggunakan jarak hasil tendangan yang diukur dengan meteran. Teknik analisis statistik yang digunakan adalah teknik korelasi sederhana dan korelasi ganda dan dilanjutkan dengan uji T pada signifikan α 0.05. Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) terdapat hubungan yang bermakna antara daya ledak otot tungkai (X1) dengan Long Pass (Y) yang ii ditunjukan dengan koorelasi ry1 =0,2 dan koefisiensi determinasi =28,71 yang berarti jumlah kontribusinya adalah 40%. (2) terdapat hubungan bermakna antara kelentukan pinggang (X2) dengan Long Pass (Y) yang ditunjukan dengan koefisiensi korelasi ry2=0.26 dan koefisiensi determinasi 36,63 berarti jumlah sumbanganya adalah sebesar 6,76%. (3) Terdapat hubungan bermakna antara daya ledak otot tungkai (X1) dan kelentukan pinggang (X2) dengan Long Pass (Y) dengan kofisiensi korelasi ry1-2 = 0,43 dan koefisiensi determinasi 11,77 yang berarti jumlah sumbangannya adalah sebesar 46,76%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Johansyah Lubis M.Pd. ; 2). Andri Irawan S.Pd.
Subjects: Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi
Divisions: FIO > Penjaskesrek
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2022 06:04
Last Modified: 26 Apr 2022 06:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27821

Actions (login required)

View Item View Item