TINDAK TUTUR EKSPRESIF DALAM FILM “CEK TOKO SEBELAH” DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SMP

AJENG APRILIANA, . (2017) TINDAK TUTUR EKSPRESIF DALAM FILM “CEK TOKO SEBELAH” DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SMP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Ajeng Apriliana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan tindak tutur ekspresif pada film Cek Toko Sebelah. Fokus Penelitian ini adalah tindak tutur ekspresif dalam film Cek Toko Sebelah yang terdiri dari 7 jenis yaitu berterima kasih (thanking), memberi selamat (congratulating), meminta maaf (apologizing), menyalahkan (blaming), memuji (paising), dan berbelasungkawa (condoling), penyampaian salam (greeting). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teksnis analisis. Penelitian ini melalui 2 tahap pengambilan data instrumen yang digunakan yaitu dengan tabel analisis yang terdiri atas konteks, adegan, pasangan ujaran, jenis tindak tutur ekspresif, dan analisis. Hasil yang diperoleh dari 527 pasangan ujaran terdapat 104 pasangan ujaran yang memiliki tindak tutur ekspresif, terdiri atas tindak tutur ekspresif jenis (1) berterima kasih (thanking) terdapat 16 pasangan ujaran (3,03), (2) memberi selamat (congratulating) terdapat 1 pasangan ujaran (0,18), (3) meminta maaf (apologizing) terdapat 9 pasangan ujaran (1,70), (4) menyalahkan (blaming) terdapat 42 pasangan ujaran (7,96), (5) memuji (paising) terdapat 15 pasangan ujaran (2,84), (6) berbelasungkawa (condoling) terdapat 3 pasangan ujaran (0,56), (7) menyampaikan salam (greeting) terdapat 18 pasangan ujaran (3,41). Dari hasil penelitian, jenis tindak tutur ekspresif menyalahkan (blaming) merupakan jenis tindak tutur ekspresif yang paling terbanyak ditemukan yaitu sebanyak 42 pasangan ujaran adapun jenis tindak tutur ekspresif yang paling sedikit ditemukan yaitu sebanyak 1 pasangan ujran. Hasil dari penelitian ini dapat diimpilkasikan ke dalam pembelajaran teks drama bahasa Indonesia bagi siswa kelas VIII pada kurikulum 2013 Revisi pada KD 3.16-4.16.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Sam Mukhtar Chaniago, M.Si. 2) Asep Supriyana, SS, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 Apr 2022 03:43
Last Modified: 12 Oct 2022 05:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27823

Actions (login required)

View Item View Item