DWIOKTA MUTHIA PUTRI KARLINA, . (2015) PENGEMBANGAN SET PRAKTIKUM BERBASIS DATA LOGGER UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA SMA KELAS XII PADA MATERI RANGKAIAN ARUS LISTRIK SEARAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
DWIOKTA-PFR11-3215110162.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan set praktikum berbasis data logger untuk pembelajaran fisika kelas XII SMA pada materi rangkaian arus listrik searah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2014-Juni 2015 di Laboratorium Fisika Univerisitas Negeri Jakarta dan di uji cobakan di SMA Negeri 2 Bakasi dan SMA Kartini 1 Jakarta. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi, butir validasi, dan tes tertulis. Set praktikum dirancang untuk mempelajari hukum Ohm, rangkaian hambatan seri, rangkaian hambatan paralel, hukum Kirchhoff dan watak lampu pijar secara langsung. Hasil validasi set praktikum oleh ahli media pembelajaran sebesar 86.12%, ahli materi fisika sebesar 88.75%, serta guru fisika SMA sebesar 92.37 % yang berarti set praktikum dinilai sangat baik. Hasil uji coba lapangan awal kepada siswa di SMA Negeri 2 Bekasi sebesar 82.80%, dan uji coba lapangan operasional kepada siswa di SMA Kartini 1 Jakarta sebesar 84.05% yang dikatakan set praktikum sangat baik. Penggunaan media pembelajaran yang telah dikembangkan ini dapat meningkatkan pengetahuan siswa yang terlihat dari besar gain ternormalisasi yang didapat dari uji coba lapangan awal sebesar 0.31 dan uji coba lapangan operasional sebesar 0.47% yang berarti terjadi peningkatan pengetahuan dengan interpretasi sedang. ********** The aim of this research is to develop direct current circuits practical set based on data logger on physics learning for 12st grade. The method used in this research is research and development. The research was conducted in December 2014-June 2015 at Physics Laboratory at State University of Jakarta and was tested at SMA Negeri 2 Bekasi and SMA Kartini 1 Jakarta. The instrument used in this research are observation sheet, validastion and writing test. The set is programed to learn about Ohm’s Law, resistors in series circuits, resistors in parallel circuits, Kirchhoff’s Law, and character incandescent bulbs directly. The result of practical set validation by learning expert is 86,12%, physics expert is 88,75%, physics teacher is 92,37% which means the set is very great. The result of preliminary field testing to studensts of SMA Negeri 2 Bekasi is 82.80% and the result of operasional field testing to student sof SMA Kartini 1 Jakarta is 84.05% which means the set is very great. The use of this learning media which has been developed could increase student's knowledge that can be seen by the normalized gain from preliminary field testing prestest is 0,31 and operasional field testing is 0.47% that means a knowledge increased with an moderate interpretation.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Desnita, M.Si. ; 2). Hadi Nasbey, S.Pd.,M.Si. |
Subjects: | Sains > Fisika |
Divisions: | FMIPA > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Users 8922 not found. |
Date Deposited: | 11 May 2022 01:20 |
Last Modified: | 11 May 2022 01:20 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27825 |
Actions (login required)
View Item |