PEMBELAJARAN PIANO UNTUK REMAJA AUTIS DI MODERN KAWAI MUSIC SCHOOL

TRIFENA RUTH CLARA, . (2017) PEMBELAJARAN PIANO UNTUK REMAJA AUTIS DI MODERN KAWAI MUSIC SCHOOL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Trifena Ruth Clara.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data yang akurat mengenai proses pembelajaran piano untuk Remaja Autis di Modern Kawai Music School ditinjau bedasarkan tujuan, metode, materi, media dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui transkrip interview, reduksi data dan penyajian data. Penelitian dilakukan selama 5 bulan yaitu dimulai pada bulan Juli hingga Desember 2016. Hasil penelitian dari data yang dikumpulkan untuk mengetahui Pembelajaran Piano untuk Remaja Autis di Modern Kawai Music School menunjukkan bahwa tujuan yang ingin dicapai adalah untuk memperkuat kemampuan yang dimiliki dan diharapkan siswa mampu bertumbuh dan berkembang menjadi lebih baik dari segi motorik, emosi, konsentrasi, sikap, perilaku serta penguasaan diri. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, demonstrasi dan drill. Materi yang digunakan adalah materi yang sesuai dengan kurikulum piano umum. Media yang digunakan adalah buku pelajaran, instrumen musik perkusi dan metronome sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran piano untuk remaja autis di Modern Kawai Music School adalah evaluasi berupa ujian yang diadakan sekali setiap tahun dan evaluasi rutin di setiap pertemuan dalam kelas. Terdapat beberapa siswa yang dapat mengikuti kurikulum umum karena telah mencapai perkembangan keterampilan dan perilaku yang lebih baik. Maka, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran piano untuk remaja autis di Modern Kawai Music School adalah efektif karena telah mencapai tujuannya. The purpose of this research is to obtain data about the process of learning piano for autistic teens in Modern Kawai Music School based on the purpose, method, materials, media dan evaluation. The method of this research is a qualitative research method with a case study approach. The data collection technique are observation, interviews, literature review and documentation. Data were analyzed through interview transcripts, data reduction and data presentation. The research started from Juli 2016 until Desember 2016. The results of this research about The Learning of Piano for the Autistic Teen in Modern Kawai Music School shows that the purpose is to strengthen the capabilities and expected the students were able to grow and become better in terms of motor skills, emotions, concentration, attitude, behavior and self-control. Lectures, demonstrations and drill method are used in this learning. The materials used are the materials based on the regular piano curriculum. The medias used are the textbook, percussion and metronome in accordance with the material to be delivered. Evaluation used in the learning of piano for autistic teen in Modern Kawai Music School is an exam form which is held once every year and regular evaluations at each meeting in the classroom. There are some students who can attend a regular curriculum because they has reached the development of skills and behaviors. Thus, it can be concluded that the learning of piano for autistic teens in Modern Kawai Music School is effective because it has reached its goal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Rien Safrina, M.A., Ph.D. 2). Dr. Clemy Ikasari. M.Pd.
Subjects: Seni Musik > Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 Apr 2022 03:46
Last Modified: 25 Apr 2022 03:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27831

Actions (login required)

View Item View Item