YULIANSYAH KURNIANTO, . (2015) PENGETAHUAN AKTIVITAS LUAR KELAS PADA GURU PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR NEGERI (Survei Se-Kecamatan Serpong Utara Tangerang Selatan) 2015. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB 1.pdf Download (100kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (188kB) |
|
Text
ABSTRAK DAN DAFTAR ISI.pdf Download (174kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (218kB) |
|
Text
30 soal uji coba.pdf Download (32kB) |
|
Text
COVER JUDUL SKRIPSI.pdf Download (8kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (164kB) |
|
Text
DISTRIBUSI.pdf Download (21kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (18kB) |
|
Text
Riwayat Hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
|
Text
SOAL TES PENGETAHUAN AKTIVITAS LUAR KELAS baru.pdf Download (107kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan Aktivitas Luar Kelas pada Guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar Negeri SeKecamatan Serpong Utara Tangerang Selatan. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 tanggal 1 Juni 2015 sampai 5 Juni 2015 di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Serpong Utara Tangerang Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik tes, yaitu siswa menjawab soal-soal tentang pengetahuan aktivitas luar kelas. Guru pendidikan jasmani kurang memahami tentang aktivitas luar kelas, kurang memahami tentang jelajah alam sekitar dan pemanfaatan media lingkungan sebagai bentuk pendidikan yang dilakukan diluar kelas dengan segala bentuk kegiatan dan aplikasinya. Dapat disimpulkan bahwa sebanyak 86,85% guru pendidikan jasmani kurang memiliki kemampuan menguasai aktivitas luar kelas di alam terbuka. Guru pendidikan jasmani cukup memahami tentang karyawisata sebagai kunjungan ke suatu tempat sebagai integral kegiatan di sekolah, mengerti tentang praktikum lapang sebagai bentuk aplikasi yang dimiliki dan guru mengerti tentang investigasi sosial dan tahapan sebelum melakukan kegiatan tersebut. Dapat disimpulkan bahwa sebanyak 8,30% guru pendidikan jasmani telah cukup memiliki pengetahuan tentang segala bentuk kegiatan dan manfaat yang mengarah pada berkunjung ke objek langsung. i Guru pendidikan jasmani memahami tentang aktivitas menantang yang bisa diaplikasikan melalui kegiatan seperti outbound dan hiking atau mendaki gunung dan guru mengerti fungsi dan manfaat fisik yang dirasakan setelah melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat menantang. Sebanyak 15,45% guru pendidikan jasmani memahami permainan sebagai dasar pendekatan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Hernawan, SE.,M.Pd. ; 2). Dr. Sri Nuraini, M.Pd. |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi |
Divisions: | FIO > Olahraga Rekreasi |
Depositing User: | Users 8922 not found. |
Date Deposited: | 27 Apr 2022 01:50 |
Last Modified: | 27 Apr 2022 01:50 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27855 |
Actions (login required)
View Item |