CACAT FONOLOGI PADA PENYANDANG DOWN SYNDROME: SUATU KAJIAN NEUROLINGUISTIK

ALFIAH RAHMAWATI, . (2017) CACAT FONOLOGI PADA PENYANDANG DOWN SYNDROME: SUATU KAJIAN NEUROLINGUISTIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (99kB)
[img] Text
SKRIPSI CACAT FONOLOGI PADA PENYANDANG SINDROM DOWN BAB I-V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (74kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cacat fonologi pada penyandang down syndrome. Penelitian ini dilakukan pada semester akhir bulan Desember 2016 – Juli 2017 di SLB-C Kembar Karya Pembangunan I, Duren Sawit, Jakarta Timur. Fokus penelitian ini pada cacat fonologi pengucapan bunyi vokal dan bunyi konsonan yang diujarkan penyandang down syndrome. Cacat fonologi terdiri dari tiga aspek, yaitu penggantian, penghilangan, dan penambahan bunyi vokal dan konsonan. Objek penelitian yang diteliti adalah anak penyandang down syndrome yang mengalami kesulitan berbicara pengucapan bunyi vokal dan bunyi konsonan sehingga informan mengalami penggantian, penghilangan, dan penambahan bunyi. Penelitian ini menggunakan metode deksripsi kualitatif dengan mendeskripsikan dan menganalisis berdasarkan rangkuman analisis yang diturunkan dari teori fonologi bahasa Indonesia. Instrumen pada penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu tabel analisis TADIR yang sudah tersedia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa cacat fonologi pada penyandang down syndrome ditemukan 109 kata yang terdiri dari 17 kesalahan bunyi vokal dan 89 kesalahan bunyi konsonan. Pada kesalahan bunyi vokal terdapat 6 penggantian bunyi, 10 penghilangan bunyi, dan 1 penambahan bunyi, Sedangkan pada kesalhan bunyi konsonan terdapat 35 penggantian bunyi, 53 penghilangan bunyi, dan 1 penambahan bunyi. Keseluruhan hasil analisis ditemukan aspek penghilangan bunyi vokal dan bunyi konsonan lebih banyak terjadi dibandingkan aspek penggantian dan penambahan bunyi. Penelitian ini dapat diimplikasikan bagi pengembangan ilmu agar dapat memperkaya pengkajian mengenai kebahasaan penyandang down syndrome terutama dalam pengembangan Linguistik Indonesia khususnya Neurolinguistik, dan diharapkan penelitian dapat menambah wawasan, informasi, dan pengetahuan mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan pihak Sekolah Luar Biasa untuk lebih mengetahui cara pelatihan yang baik pada anak penyandang down syndrome yang mengalami kesalhan bunyi vokal dan bunyi konsonan. This study aims to determine the phonological defect in people with Down syndrome. The research was conducted in the final semester of December 2016 - July 2017 at SLB-C Kembar Karya I, Duren Sawit, East Jakarta. The focus of this study on the phonological deficits of vowel sounds and consonant sounds that are said to be people with Down syndrome. Phonological defect consists of three aspects, namely replacement, disappearance, and the addition of vowel and consonant sounds. The object of this research is children with Down syndrome who have difficulty speaking pronunciation of vocal sounds and consonant sounds so that informants experience replacement, disappearance, and addition of sound. This research uses qualitative descriptive method by describing and analyzing based on summary analysis derived from phonology theory of Indonesian language. The instrument in this study is the researcher himself assisted TADIR analysis table that is available. The results of this study indicate that phonological defects in people with Down syndrome found 109 words consisting of 17 vowel sounds and 89 consonant sound errors. In vocal sounds there are 6 sound replacements, 10 sound omissions, and 1 sound increments, whereas in the sound of consonant sounds there are 35 sound replacements, 53 sound disappears, and 1 sound increments. The overall result of the analysis found that the aspect of vowel sound disappearance and consonant sound is more common than the aspect of replacement and the addition of sound.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Asisda Wahyu, M.Hum 2) Asep Supriyana, S.S, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 Apr 2022 05:12
Last Modified: 25 Apr 2022 05:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27862

Actions (login required)

View Item View Item