UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DALAM TEKNIK FUTSAL DENGAN MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VIII SMP KENCANA JAKARTA UTARA

FIRDAUS, . (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DALAM TEKNIK FUTSAL DENGAN MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VIII SMP KENCANA JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Firdaus 6135117827.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan penulis dilapangan, mengenai materi passing. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk Pembelajaran passing bola dalam permainan futsal dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal pada siswa kelas VIII SMP Kencana Jakarta. Diharapkan siswa dapat menguasai konsep gerakan passing dengan gaya mengajar resiprokal. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Kencana Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pengambilan data kualitatif dan kuantitatif yaitu kelas VIII dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa,yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini melibatkan Guru Pendidikan Jasmani dan Dosen sebagai kolaborator, penelitian dilakukan sebanyak II siklus, setiap siklus terdiri dari 4 kali pertemuan. Kegiatan siklus I yang direalisasikan melalui pembelajaran dengan gaya mengajar resiprokal sebagai berikut: 1) siswa belum paham akan konsep passing bola dalam permainan futsal, contohnya siswa masih melakukan gerakan passing bola menendang bawah bola, 2) siswa belum paham cara menendang dengan kaki tumpuan pada saat melakukan passing dalam permainan futsal, 3) siswa belum percaya diri pada saat melakukan gerakan passing bola dalam permainan futsal. Kegiatan siklus II yang direalisasikan melalui pembelajaran dengan gaya mengajar resiprokal memberikan hasil sebagai berikut: 1) siswa mulai memahami konsep dasar gerakan passing bola dalam permainan futsal, pemahaman ini dapat dilihat dari cara siswa melakukan dan mempelajari gerakan passing bola dengan baik 2) siswa dapat melakukan tahapan�tahapan passing bola dengan baik, 3) motivasi dan percaya diri siswa meningkat pada saat melakukan passing bola dalam permainan futsal. Hasil penelitian ini adanya proses meningkatnya teknik passing bola futsal dengan gaya mengajar resiprokal, peningkatan terjadi disetiap pembelajaran yang dimulai dengan observasi awal, siklus I dan diakhiri pada siklus II. Terjadi peningkatan pada aspek psikomotor, siswa telah memahami konsep gerak passing bola futsal. Pada aspek kognitif, pemahaman siswa bertambah seiring dengan proses mengikuti pelajaran, terlihat dari semangat dan antusias siswa mengikuti pembelajaran, kepercayaan diri siswa dalam berinteraksi dengan siswa dan guru, nilai kejujuran, kedisiplinan, kerjasama tanggung jawab dan toleransi antar siswa yang mereka tunjukkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Muchtar Hendra Hasibuan, M.Pd. ; 2). Drs. Oman unju subandi M.Pd.
Subjects: Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi
Divisions: FIO > Penjaskesrek
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2022 08:29
Last Modified: 27 Apr 2022 08:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27872

Actions (login required)

View Item View Item