UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELUNCUR MENGGUNAKAN GERAKAN KAKI RENANG GAYA BEBAS DENGAN METODE BERMAIN DALAM PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA KELAS 4 MIT TUNAS MULIA

FUAD ARIFIN, . (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELUNCUR MENGGUNAKAN GERAKAN KAKI RENANG GAYA BEBAS DENGAN METODE BERMAIN DALAM PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA KELAS 4 MIT TUNAS MULIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Ringkasan dan Kata Pengantar.pdf

Download (146kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ARIFIN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan penulis dilapangan, mengenai materi belajar meluncur menggunakan gerkan kaki bebas dengan metode bermain. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk Pembelajaran upaya meningkatkan hasil belajar meluncur menggunakan gerakan kaki bebas dengan metode bermain dalam pendidikan jasmani pada siswa kelas IV MIT Tunas Mulia jakarta timur. Diharapkan siswa dapat menguasai konsep gerakan meluncur menggunakan gerakan kaki bebas dengan metode bermain. Penelitian ini dilaksanakan di MIT Tunas Mulia Jakarta Timur. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan (Action Research) dengan pengambilan data kualitatif dan kuantitatif yaitu kelas 4 dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa,yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini melibatkan Guru Pendidikan Jasmani sebagai kolaborator, penelitian dilakukan sebanyak II siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Kegiatan siklus I yang direalisasikan melalui pembelajaran dengan menggunakan permainan roket luncur memberikan hasil sebagai berikut: 1) siswa belum paham akan konsep gerakan meluncr menggunakan gerakan kaki bebas, contohnya siswa masih melakukan gerakan meluncur tidak dengan meluruskan kaki sepenuhnya, 2) siswa belum paham cara melakukan gerkan kaki bebas saat meluncur, 3) siswa belum percaya diri pada saat melakukan gerakan meluncur menggunakan gerakan kaki bebas. ii Kegiatan siklus II yang direalisasikan melalui pembelajaran dengan menggunakan metode bermain Halang rintang memberikan hasil sebagai berikut: 1) siswa mulai memahami konsep dasar meluncur gerakan kaki bebas, pemahaman ini dapat dilihat dari cara siswa melakukan dan mempelajari gerakan meluncur gerakan kaki bebas dengan lebih baik, 2) siswa dapat melakukan tahapan-tahapan gerakan meluncur kaki bebas, 3) motivasi dan percaya diri siswa meningkat pada saat melakukan gerakakn meluncur menggunakan kaki bebas. Hasil penelitian ini adanya proses pembelajaran gerakan meluncur menggunakan gerakan kaki bebas dengan menggunakan metode bermain media paralon, peningkatan terjadi disetiap pembelajaran yang dimulai dengan observasi awal, siklus I dan diakhiri pada siklus II. Terjadi peningkatan pada aspek psikomotor, siswa telah memahami konsep gerakan meluncur kaki bebas. Pada aspek kognitif, pemahaman siswa bertambah seiring dengan proses mengikuti pelajaran, terlihat dari semangat dan antusias siswa mengikuti pembelajaran, kepercayaan diri siswa dalam berinteraksi dengan siswa dan guru, nilai kejujuran, kedisiplinan, kerjasama tanggung jawab dan toleransi antar siswa yang mereka tunjukkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Setyo Purwanto, M.Pd. ; 2). Eva Julianti, M.Ec.
Subjects: Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi
Divisions: FIO > Penjaskesrek
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 11 May 2022 02:18
Last Modified: 11 May 2022 02:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27876

Actions (login required)

View Item View Item