HUBUNGAN ANTARA ORIENTASI TUJUAN MENYUSUN SKRIPSI DENGAN KECEMASAN DALAM MENULIS SKRIPSI

MARWA NURUZDAH, . (2017) HUBUNGAN ANTARA ORIENTASI TUJUAN MENYUSUN SKRIPSI DENGAN KECEMASAN DALAM MENULIS SKRIPSI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI MARWA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara orientasi tujuan menyusun skripsi dengan kecemasan dalam menulis skripsi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel 247 mahasiswa UNJ yang sedang mengerjakan skripsi. Teknik pengambilan sampel menggunakan insidental sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen yang diadaptasi dari Achievement Questionare Scale (Elliot & McGregor, 2001) dan Writing Apprehension Test (Dally & Miller, 1975). Metode pengolahan data yang digunakan adalah pearson product moment. Orientasi tujuan yang berhubungan negatif dengan kecemasan menulis skripsi adalah orientasi tujuan mastery approach (-0,31) dan performance approach (-0,18). Orientasi tujuan mastery avoidance (0,19) dan performance avoidance (0,26) memiliki hubungan positif dengan kecemasan dalam menulis skripsi The purpose of this study is to find out the relationship between thesis writing orientation and anxiety in thesis writing. Quantitative method is used in this study with 247 Universitas Negeri Jakarta students who is writing thesis as a samples. Sampling method used in this study is incidental sampling. The Instruments used in this studey are adapted from Achievement Questionare Scale (Elliot & McGregor, 2001) and Writing Apprehension Test (Daly & Miller, 1975). Data analyzing method used in this study is pearson product moment. The goal orientations which is found negatively correlated with writing anxiety are mastery approach goal orientation (-0,31) and performance approach goal orientation (-0,18). Where mastery avoidance goal orientation (0,19) and performance avoidance (0,26) goal orientation have positive correlation with anxiety in thesis writing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Deasyanti, Ph.D 2) Dr. Lussy Dwiutami Wahyuni, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 Apr 2022 05:36
Last Modified: 25 Apr 2022 05:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27879

Actions (login required)

View Item View Item