PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARANBERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN DASAR PENGUKURAN LISTRIK KELAS X TITL 2 SMK BINA KARYA MANDIRI 2015/2016

STEPHANY RATNASARI, . (2016) PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARANBERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN DASAR PENGUKURAN LISTRIK KELAS X TITL 2 SMK BINA KARYA MANDIRI 2015/2016. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu website yang menarik yang dapat dijadikan media pembelajaran bagi siswa yang ingin memahami dasar pengukuran listrik serta mempermudah penilaian guru dengan sistem penilaian online. Penelitian dilakukan di sekolah SMK Bina Karya Mandiri , kelas X TITL 2, di ruang lab multimedia. Waktu pelaksanaan dilakukan pada 7 juni – 14 juni 2016. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan ( Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate). Pada penelitian ini semua tahap dilaksanakan. Media web dasar pengukuran listrik dinilai kelayakanya oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, dan 32 siswa uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini melalui angke dengan menggunakan skala Likert, kemudian data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskritif kuantitatif. Media web dikatakan layak apabila rata-rata hasil validasi dari ahli materi Dasar Pengukuran Listrik, ahli media, serta tanggapan siswa minimal dalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 4 yang termasuk kategori Baik, 2) Ahli media diperoleh rata-rata skor 4,5 yang termasuk dalam kategori Sangat Baik, 3) penilaian kelayakan oleh siswa uji coba akhir memperoleh rata-rata skor 3,75 yang termasuk dalam kategori Sangat Baik. This research aims to : develop a Web- based Basic Electrical Measurements Learning Media for student of class X TITL 2 SMK Bina Karya Mandiri Bekasi, find out the feasibility of Web- based Basic Electrical Measurements Learning Media based on expert assessment material, media experts, and students of Basic Electrical Meansurements aspects of relevance material, organizing materials, exercises, legibility, language, software engineering, and instructional design.This research is the development of research or Research and Development (R&D) adapted from ADDIE model of development. At this stage, web-based Basic Electrical Measurements Learning media votes disqualified by 1 material expert, 1 media experts, and 32 students at field trials. Data collection techniques the questionnaire analyzed in quantitative descriptive. The result showd five stages to make Web-based Basic Electrical Measurements Learning Media namely : 1) Analysis, 2) Design, 3) Develpment, 4) Implementation, and Evaluation. The eligibility level Basic Electrical Measurements Web-based Learning Media based on assesment: 1) Material expert obtained an avarage score 4,5 which included in very good, 2) Media experts obtained an average score 4,5 which included in very good. Feasibility assessment by the end of the test the studnts gained an average score 4,67 which includes the category of very good. Thus the Basic Electrical Meansurements Web-based Learning Media is excellent and worthy of being used as a medium of instruction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Mochammad Djaohar, ST.,M.Sc 2) Aris Sunawar, S.Pd.,MT
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 Apr 2022 05:48
Last Modified: 25 Apr 2022 05:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27897

Actions (login required)

View Item View Item